Ekbis

Pameran UMKM Kota Kediri, dari Kerajinan, Ikan Hias, hingga Tanaman Hias

Kediri (beritajatim.com) – Selasa (17/11/2020) telah berlangsung pembukaan pameran UMKM bertajuk Glerrr UMKM Kota Kediri pukul 16.00 WIB di Kediri Town Square. Pameran UMKM diikuti oleh 18 pelaku usaha kerajinan, 16 pelaku usaha tanaman hias, dan 10 pelaku usaha ikan hias akan berlangsung sampai 22 November 2020.

Enny Endarjati, Asisten Perekonomian dan Pembanguan Setda Kota Kediri membuka acara pameran tersebut dengan membacakan sambutan dari Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Pasalnya Wali Kota berhalangan hadir karena ada acara lain.

“Pak Wali sangat mendukung acara seperti ini sebab banyak sekali wajah-wajah baru yang membuka usaha. Di Kota Kediri, banyak usaha kreatif yang lahir dari tangan para milenial,” kata Enny.

Enny menambahkan, pameran serupa beberapa kali sudah dilaksanakan antara lain UMKM Virtual Expo bekerjasama dengan BI dan Kediri Sale 2020 bekerjasama dengan Tokopedia. Kali ini, pameran terselenggara atas kerjasama Disperindagin, Deptan dan Ketahanan Pangan, Dinas PU, Kediri Town Square, dan Bank Jatim.

“Meskipun sudah banyak pameran virtual, pameran luring juga dirasa perlu dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” tambah Enny.

Adapun pameran ini digelar tujuannya untuk membangkitkan perekonomian khususnya di bidang UMKM yang terkena dampak Covid-19. Ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan minus, begitu juga Kota Kediri. Namun menurut Enny, Kota Kediri termasuk yang tidak terlalu turun dalam hal pertumbuhan.

Oleh karena itu, pameran seperti ini akan menumbuhkan kembali pasar sehingga masyarakat mulai berbelanja dan akhirnya ada uang yang berputar. Pameran diselenggaran di lokasi yang strategis, tempat nongkrong warga Kota Kediri.

Selain pameran, juga diselenggarakan bincang-bincang bagi ilmu. Pada hari pertama ini, bincang-bincang diisi oleh pengusaha milenial Fira Akbar Kurniawan pemilik usaha menjahit Jas Tailor Kediri, dan Yoxsis Dhian Florentina, pemilik Denyu Shoes.

“Kami sudah sering ikut pameran yang diselenggarakan Pemkot, lumayan bisa membantu terutama untuk promosi,” kata Leni, staf Denyu Shoes, usaha sepatu buatan tangan.

Di halaman depan Kediri Town Square, sebuah tenda besar dibangun untuk mewadahi pameran tanaman hias dan ikan hias. Ragam tanaman hias dipamerkan dari mulai tanaman seharga Rp 15.000,- hingga jutaan rupiah. Pun ikan hias, beragam jenis dipamerkan. [nm/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar