Iklan Banner Sukun
Ekbis

P4TM Komitmen Perjuangkan Nasib Petani Tembakau Madura

Pamekasan (beritajatim.com) – Ketua Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau Se-Madura (P4TM), H Khairul Umam menyampaikan komitmen memperjuangkan nasib para petani tembakau di Madura.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Deklarasi P4TM yang mengusung tema ‘Menggugah Kejayaan Petani Tembakau Madura’, di Aula Bersama, Jl Raya Pasar Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Sabtu (6/8/2022).

“Selama ini banyak keluh kesah yang disampaikan petani (tembakau) kepada kami, salah satunya soal harga yang setiap tahun selalu tidak sesuai dengan keinginan para petani,” kata Ketua P4TM, H Khairul Umam.

Kondisi tersebut menggugah dirinya untuk turun langsung membantu para petani memperjuangkan nasib, khususnya dalam hal tata kelola tembakau. “Kami sampaikan keluh kesah ini sebagai upaya perbaikan, sehingga kami berikhtiar bersama petani untuk memperjuangkan nasib mereka,” ungkapnya.

Bahkan keluh kesah para petani tidak hanya diterima dirinya, tetapi juga kepada para ulama di Madura. Sehingga hal itu sangat perlu diketahui secara langsung oleh para stakeholder, mulai dari pemerintah daerah, provinsi maupun pemerintah pusat.

“Kalau dulu, para petani bisa bayar hutang dari hasil tembakau, mau menjodohkan anaknya juga dari hasil tembakau, bahkan naik haji juga dari hasil tembakau. Namun saat ini justru tidak sama seperti dulu, di mana hasil tembakau Madura disebut sebagai Daun Emas,” imbuhnya.

Dari itu pihaknya berinisiatif melakukan deklarasi dengan mengundang sejumlah tokoh penting, seperti Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Bupati se-Madura, Tokoh Nasional asal Madura, Ulama dan Habib, perwakilan Kepala Desa, pedagang, petani dan undangan lainnya.

“Melalui kesempatan ini kami sangat berharap agar pemerintah, mulai dari tingkat daerah hingga pusat, maupun para stakeholder yang ada agar berpihak kepada para petani tembakau yang selama ini selalu mengalami kerugian,” pungkasnya. [pin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar