Ekbis

Okupansi Mall di Gresik Capai 90 Persen

Gresik (beritajatim.com) – Tingkat kunjungan (okupansi) mall terbesar di Gresik, Icon Mall mencapai 90 persen. Tingginya okupansi itu juga tidak lepas adanya hotel bintang tiga serta konsep mall family.

General Manager PT Raya Bumi Nusantara Permai (RBNP) Sudrajad mengatakan, tingginya okupansi itu karena rata-rata perharinya (week day) mencapai 25 ribu orang. Sementara saat week end bisa tembus 35 ribu orang.

“Kami optimis okupansi akan terus meningkat di atas 90 persen. Hal ini karena konsep mall yang diusung berbeda dengan mall lainnya,” katanya, Kamis (14/02/2018).

Sudrajad menjelaskan, untuk mencapai okupansi yang lebih tinggi. Pihak manajemen telah melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan tenant-tenant yang telah memiliki branded. “Sebentar lagi akan masuk tenant F&B ternama. Sehingga, kami yakin okupansi bakal terus terkerek,” ujarnya.

“Berdasarkan literatur memang secara makro rata-rata mengalami penurunan terutama di kota besar seperti Jakarta. Hal ini karena disana ada 174 mall,” jelas Sudrajad saat ditanya hasil riset colliers international berdasarkan data dari Asosiasi Pengelolah Pusat Belanja Indonesia (APPBI), bahwa okupansi berada cukup moderat di angka 84 persen, dan diperkirakan akan sedikit menurun 1 hingga 2 persen sampai akhir 2019.

“Kondisi ini sangat berbeda di secondary city seperti Kota Gresik. Sebab, saat ini di kota besar memang ada kejenuhan sehingga pelaku usaha properti melakukan ekspansi ke kota kedua,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dari sekian tenant yang beroperasi, sudah 90 persen melakukan kontrak selama 5 tahun. Sehingga, kecil kemungkinan okupansinya turun selama bisnisnya menjanjikan. “Kalau ingin tetap eksis bisnis mall harus ada pendampingnya,” tandasnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar