Ekbis

Oktober, Double Track Mojokerto-Jombang Beroperasi

Mojokerto (beritajatim.com) – Jalur ganda (double track) perlintasan kereta api dari Stasiun Kereta Api Mojokerto hingga Stasiun Kereta Api Curah Malang, Jombang akan segera beroperasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero akan segera mengoperasikan jalur double track kurang lebih 8 KM tersebut pada pertengahan bulan Oktober mendatang.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Stasiun Kereta Api Mojokerto, Agus Muljono. “Jalur double trek akan mulai difungsikan dari KM 56.500 atau Stasiun Kereta Api Mojokerto mengarah ke barat sampai Stasiun Kereta Api Curah Api diperkirakan pada 20 Oktober 2020 bulan depan,” ungkapnya, Selasa (29/9/2020).

Masih kata Agus, pengoperasian perlintasan kereta api jalur ganda ini menyusul pengerjaan proyek double track sepanjang kurang lebih 8 KM dari Mojokerto sampai Curah Malang, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang telah rampung. Saat ini, tinggal merapikan dan swift over sekaligus persinyalan pengoperasian jalur ganda.

“Untuk itu, masyarakat agar berhati-hati karena nantinya akan dua kereta yang melintas secara bersamaan. Kalau dulu crossing-nya biasanya di stasiun namun karena adanya jalur ganda sehingga sewaktu-waktu terjadi crossing setelah ada jalur double trek tersebut. Kita sudah mulai melakukan sosialisasi,” katanya.

Mantan Kepala Stasiun Kereta Api Jebres, Solo menambahkan, PT KAI maupun Daerah Operasional (Daop) VIII Surabaya sudah melalukan sosialisasi jauh hari terkait jalur ganda perlintasan kereta api Mojokerto-Jombang tersebut. Meski begitu, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat kembali yakni satu pekan sebelum jalur ganda mulai dioperasikan.

“Khususnya masyarakat di sekitar perlintasan kereta api tanpa palang pintu. Sosialisasi bentuknya penempatan spanduk di daerah yang banyak perlintasan tanpa palang pintu dan juga ada petugas yang keliling untuk mensosialisikan akan beroperasinya double trek tersebut,” tegasnya. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar