Ekbis

OK OC Merambah Banyuwangi, Ini Perannya

Banyuwangi (beritajatim.com) – UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) Banyuwangi kembali mendapatkan suntikan peningkatan kapasitas guna mendukung pengembangan produk hingga pemasarannya. Kali ini dukungan tersebut datang dari OK OC Ina Makmur (Inspirasi Nusantara Aman Makmur), sebuah gerakan yang fokus pada upaya mendukung penciptaan lapangan kerja lewat enterpreneur.

Kegiatan tersebut diikuti puluhan pelaku UMKM yang berlangsung di Pendopo Sabha Swagata. Kegiatan berlangsung dengan pengenalan wawasan tentang materi enterpreneur, diskusi hingga pengenalan pemasaran digital marketing.

Ketua Umum OK OC Ina Makmur Joko Dwitanto mengatakan, OK OC Ina Makmur merupakan bagian dari gerakan OK OC yang berpusat di Jakarta. OK OC Ina Makmur sendiri saat ini bergerak memfokuskan diri di wilayah Jawa Timur.

“Kehadiran kami di Banyuwangi ini merupakan bagian dari roadshow OK OC Ina Makmur di bagian timur Jatim. Banyuwangi menjadi salah satu yang kami datangi karena potensi UMKM nya cukup besar,” ujar Joko.

“Tujuan roadshow ini endiri adalah sebagai bentuk kepedulian OK OCE Ina Makmur dalam mendukung UMKM di Jawa Timur agar terus maju dan berkembang di era pandemi,” imbuhnya.

Joko mengatakan OK OC Ina Makmur merupakan sebuah gerakan yang fokus pada penciptaan lapangan kerja melalui enterpreneur. Dimana gerakan ini berupaya untuk melahirkan pengusaha baru, membina, membimbing, dan mendampingi mereka.

“Kami hadir berupaya memberikan solusi terkait permasalahan ketenagakerjaan. Kami ingin mengajak masyarakat untuk berani memulai bekerja dengan diri sndiri, berwirausaha dan menjadi bos atas usahanya sendiri. Kepada yang sudah memiliki usaha kami dampingi untuk bisa meningkatkan omsetnya, termasuk kepada UMKM di Banyuwangi ini,” terang Joko.

Dilanjutkannya, sejumlah kegiatan yang dilakukan gerakannya diantaranya memberikan pembinaan dan pelatihan usaha serta bimbingan kewirausahaan. Memberikan saran dan masukan tentang bisnis dan bantuan hukum, membantu akses permodalan, akses market, dan mentor bagi pewirausaha.

“Untuk di Banyuwangi ini selanjutnya kami akan memberikan pelatihan pemasaran digital marketing selama satu bulan secara gratis. Nantinya semua UMKM akan mendapatkan pelatihan tersebut secara online dengan pelatih profesional digital marketing yang materinya sudah teruji sukses diaplikasikan oleh UMKM-UMKM di daerah lainnya,” ujar Joko.

“Kita akan atur schedulenya selama satu bulan nanti dan UMKM ini akan kita bagi kedalam grup-grup kecil agar lebih fokus saat mengikuti pelatihan,” imbuh Joko.

Sementara itu secara terpisah Bupati Abdullah Azwar Anas menyampaikan terima kasih kepada OK OC Ina Makmur yang telah ikut berperan dalam peningkatan kapasitas UMKM Banyuwangi. Hal tersebut merupakan sangat berarti bagi daerah, terutama di era pandemi saat ini dimana banyak UMKM terdampak secara ekonomi akibat kehilangan pasar.

“Tentunya peran sarta gerakan ini akan bisa memberi manfaat yang positif bagi UMKM agar bisa bertahan dan bahkan meningkatkan usahanya di tengah situasi sulit ini. Terutama ilmu tentang pemasaran online sangat dibutuhkan ditengah perubahan tren belanja masyarakat,” ujar Anas.

Anas pun berharap agar semua kegiatan tersebut nantinya bisa berjalan lancar. Dan bisa mendapatkan hasil sebagaimana yang diinginkan. “Tentunya UMKM daerah bisa segera bangkit dan meraih potensi pasar baru lewat pemasaran online,” pungkas Anas. [rin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar