Ekbis

OJK: Kelonggaran Kredit akan Disesuaikan dengan Dampak Covid-19

Jember (beritajatim.com) – Ada Otoritas Jasa Keuangan Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyatakan relaksasi atau kelonggaran kredit mencakup enam hal. Bank memiliki peran untuk menentukan dampak wabah Covid-19 terhadap debitur.

“Cakupan restrukturisasi kredit itu meliputi penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu, pengurangan tunggakan pokok, pengurangan tunggakan bunga, penambahan fasilitas kredit atau pembiayaan, dan atau konversi kredit atau pembiayaan menjadi penyertaan modal sementara,” kata Kepala OJK Jember Azilsyah Noerdin, Rabu (15/4/2020).

Menurut Azilsyah, dalam restrukturisasi kredit tersebut, masing-masing bank dan perusahaan pembiayaan akan mencarikan solusi terbaik bagi peminjam atau debitur. “Tentunya dengan memperhatikan besarnya dampak Covid-19 terhadap usaha debitur, kemampuan membayar debitur, dan kemampuan masing-masing bank maupun perusahaan pembiayaan,” katanya.

Saat ini aturan yang mendasari kebijakan relaksasi lembaga keuangan khusus atau perusahaan teknologi finansial masih dalam proses. “Namun apabila terdapat debitur yang merasa terdampak Covid-19 sehingga mengalami kesulitan membayar angsuran, dapat menyampaikan kepada lembaga keuangan dimaksud. Minta untuk dianalisis kelayakan diberikan relaksasi sesuai kebijakan masing-masing lembaga keuangan,” kata Azilsyah.

Namun Azilsyah mengingatkan, bagi debitur yang tidak terdampak dan masih mampu membayar, diharapkan tetap memenuhi kewajiban. “Dengan demikian, kepentingan debitur dapat dipenuhi dengan baik dan lembaga jasa keuangan yang kreditnya bersumber dari dana masyarakat juga tetap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi nasabahnya,” kata pria berkacamata ini.

Bagaimana cara mengajukan restrukturisasi kredit? “Peminjam atau debitur dapat menghubungi lembaga jasa keuangan masing-masing tanpa perlu datang langsung ke kantornya. Hubungi melalui telepon, email, whatsapp atau sarana komunikasi digital lainnya,” kata Azilsyah.

OJK Jember juga terus berkoordinasi dengan lembaga jasa keuangan untuk mengetahui perkembangan terkini penanganan terhadap peminjam/debitur yang terdampak Covid-19 dan kendala yang mungkin dihadapi. Masyarakat dapat mengetahui perkembangan terkini mengenai kebijakan OJK dengan mengakses langsung website OJK di www.ojk.go.id atau media sosial resmi OJK atau menghubungi Kontak layanan OJK 157 atau WA 081157157157. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar