Ekbis

Musim Giling Tebu PTPN X Dimulai Setelah Lebaran

Surabaya (beritajatim.com) – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X memastikan akan memulai Musim Giling Tahun 2019 setelah lebaran yang dilakukan secara serentak. Targetnya pada musim giling tahun ini bisa memproduksi 352 Ribu Ton Gula dengan pasokan tebu segar sebesar 4,3 juta ton dan rendemen 8,15 persen.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo, saat acara Selamatan Buka Giling di Kantor Pusat PTPN X Surabaya, Rabu (24/4/2019). Dwi juga meminta petani tebu yang ingin berlebaran jangan resah karena tebu mereka baru akan digiling usai lebaran.

“Kami memberikan uang muka lebih dulu kepada petani sehingga petani tebu juga menikmati lebaran seperti petani lainnya. Dan saya yakin produksi tebu akan baik tahun ini karena cuaca sangat mendukung dan saat ini sepanjang area pertanian tebu belum ada tebu yang berbunga artinya pertumbuhannya sangat baik,” jelas Dwi.

Tak hanya menargetkan produksi gula yang tinggi saja, Dwi juga berharap untuk komoditi tembakau, mampu menghasilkan sekitar 9.268 ton produksi daun hijau dilahan seluas l500 Ha,untuk produktivitas ditargetkan sebesar 18,54 ton/Ha.

“Di sisi on farm, pengelolaan dan monitoring lahan terus ditingkatkan ditunjang dengan penggunaan e-Farming. Sedangkan di sisi off farm, maintenance pabrik juga dilakukan secara berkala dan ditunjang dengan steam test yang dilakukan sebelum masa giling dimulai,” terang Dwi.

Tahun 2018 lalu, PTPN X berhasil memproduksi 336.259 ton gula dengan tebu digiling sebesar 4,1 juta ton tebu. Produksi 2018 ini membuat PTPN X kembali menjadi produsen gula terbesar di Indonesia dengan kontribusi 15% terhadap produksi gula nasional. Dari kinerja keuangan pada tahun 2018, PTPN X berhasil membukukan laba sebesar Rp 105,68 Miliar yang diperoleh dari total pendapatan sebesar Rp 2,597 Triliun. Angka tersebut melampaui Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2018 yang ditargetkan sebesar Rp 104 Miliar. [rea/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar