Ekbis

MUI Jember Bantu Sertifikasi Halal untuk UMKM

Aktivitas UMKM di Jember bekerjasama dengan OJK beberapa waktu lalu. [foto: istimewa]

Jember (beritajatim.com) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan membantu sertifikasi halal bagi pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Hal ini disampaikan Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Jember Ihwan Huda Al Mujib, Sabtu (8/5/2021).

“Ini penting. Jadi UMKM harus naik kelas. Ketika naik kelas, legalitas dan sertifikasi halal harus diraih. Selama ini banyak UMKM yang kesulitan mendapatkan sertifikasi halal,” kata Ihwan.

MUI Jember akan segera bersinergi dengan MUI Jawa Timur untuk mempermudah pelaku UMKM mendapatkan sertifikasi halal itu. “Nanti lebih jelasnya setelah rapat kerja. Kami ingin cepat bekerja untuk segera hadir di masyarakat,” kata Ihwan.

MUI Jember akan menggandeng komunitas-komunitas UMKM. “Kami akan audiensi dengan mereka, bagaimana kemudian kami memfasilitasi para pelaku UMKM tersebut. Pengurusan sertifikasi halal itu melalui LPPOM (Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika) MUI Wilayah Jatim,” kata Ihwan.

Pelaku UMKM terkadang terkendala waktu dan biaya untuk mengurus sertifikasi ke Surabaya. “Dengan adanya program ini, kami akan bersinergi dengan MUI Wilayah Jatim, sehingga pengurusan bisa di Jember, pasti nanti lebih mudah,” kata Mahfud. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar