Ekbis

Minuman Dingin Kelapa Kopyor Husnul Lumajang Diburu Pembeli

Lumajang (beritajatim.com) – Husnul Khan (40) warga Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, mengolah kelapa kopyor di lingkungan menjadi minuman dingin dan langsung diminati pembeli. Hal itu berawal dari rasa miris Husnul yang melihat potensi kelapa kopyor Lumajang tidak dikenal di pasaran.

Berkat ketekunannya, Husnul kebanjiran permintaan ratusan botol minuman es kopyor, baik permintaan dari Lumajang maupun luar daerah. Walhasil, meski di tengah Pandemi, bisnis Husnul tidak lesu. Justru sebaliknya, semakin laris diburu pembeli. “Ada yang percaya bahwa kelapa kopyor sebagai pencegah Covid-19,” kata pria murah senyum itu.

Lanjut dia, kelapa kopyor diyakini memiliki khasiat menambah stamina dan kejantanan. Meski belum ada penelitian secara khusus kandungan kelapa tersebut. “Pokoknya dibuat obat, soal ginjal, kencing manis, asam urat dan lain-lain,” paparnya.

Karena larisnya produk minuman dingin kelapa kopyor, Husnul memberi merk Sembilan. Hal ini diambil dari bintang sembilan pada logo Nahdlatul Ulama (NU). “Saya ini santri dan tidak ingin melupakan pendidikan NU,” jelasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan kelapa kopyor, Husnul bekerjasama dengan pedagang kelapa yang sudah ahli. Pasalnya, satu pohon kelapa biasanya ada sekitar 2-4 yang kopyor. “Kata orang pertanian, kelapa kopyor ini bukan kategori gagal. Bukan karena busuk atau akibat penyakit. Tapi jenisnya ada,” ungkapnya.

Selain permintaan minuman dingin terus meningkat dan resellernya bertambah, permintaan kelapa kopyor juga banyak diminati luar kota seperti Yogjakarta, Bandung dan Jakarta. “Untuk kiriman luar kota, saya bisa mencapai 700 buah. Pengirimannya melalui kereta api,” terangnya.

Hampir setahun mengenalkan kelapa kopyor khas Lumajangan, Husnul mengaku sangat banyak permintaan dari berbagai daerah dan luar pulau. Karena keterbatasan dan melayani pemesanan langsung transfer lebih diutamakan. “Saya sekarang berharap pemerintah bisa menjadi kelapa kopyor komoditi unggul Lumajang,” paparnya.

Harga satu botol minuman kelapa kopyor Rp 12 ribu. Sedangkan untuk kelapa kopyor asli per buah dipatok antara Rp 35 hingga 45 ribu. Tergantung kualitas serta besar kecilnya. Bagi pembaca beritajatim.com berminat untuk membeli kelapa kopyor bisa datang langsung ke Desa Tegalrandu Kecamatan Klakah, tepatnya di pertigaan 100 meter sebelum Obyek Wisata Ranu Klakah. Bagi ingin memesan online bisa hubungi di nomor 085334797919. [har/adv]





Apa Reaksi Anda?

Komentar