Ekbis

Milenial Lebih Senang Beli Mobil Toyota Via Medsos Ketimbang ke Dealer

Malang (beritajatim.com) – Dealer resmi Toyota, Auto2000 cabang Singosari, Kabupaten Malang mengungkapkan telah terjadi pergeseran gaya beli mobil di kalangan masyarakat. Terutama kalangan milenial, mereka lebih memilih bertransaksi melalui media sosial ketimbang datang ke dealer langsung.

Kepala Cabang Auto2000 Singosari, Radityo Wicaksono mengatakan, berubahnya zaman yang serba digital, membuat pihaknya memaksimalkan teknologi untuk menarik daya beli masyarakat. Pemasaran kini lebih fokus melalui media sosial, bahkan pekerjaan kantor seperti membuat laporan, sampai proyeksi pemasaran juga dilakukan dengan ponsel pintar.

“Sudah jarang sekali, hampir tidak ada yang orang datang ke dealer cari mobil. Salesman kami menjaring konsumen, laporan, sampai proyeksi pemasaran langsung pakai gadget,” kata Radityo, Selasa (13/8/2019).

Radityo mengatakan cabang baru ini memang fokus membidik pasar milenial. Belum dibuka secara resmi saja, Auto2000 Cabang Singosari sudah mampu menjual 30 unit mobil dalam sebulan. Katanya, itu berkat strategi marketing yang kini lebih fokus di media sosial.

Selain itu, tampilan dealer dibuat setrendy mungkin agar milenial merasa betah saat di dealer. Diantaranya menyediakan kafe, dengan interoir ala instagramable. Tampilan para sales pun kini dilarang formal. Mereka diwajibkan menggunakan setelan kemeja yang trendy dengan sepatu gaya casual.

“Penampilan juga kita ubah tidak lagi menggunakan pakaian seperti sales, semua sales usianya di bawah 30 tahun. Pelayanan vehicle service part, body repair dan body paint (BP) kami punya aplikasi Auto2000 Mobile. Setiap konsumen akan terkoneksi dengan aplikasi. Sehingga, fitur-fitur pengingat servis rutin diterima konsumen secara otomatis,” papar Radityo.

Sedangkan untuk penjualan, mobil mini multi purpose vehicle (MPV) paling dicari oleh konsumen masih Toyota Avanza, kemudian Toyota Innova, disusul Agya dan Rush. Dimana mobil yang terjual itu hampir 100 persen transaksinya dilakukan melalui media sosial.

“Dominasi penjualannya masih Avanza dan Innova, lalu disusul Agya dan Rush. Tapi kami memprediksi nanti pasar city car juga akan semakin meningkat di Malang Raya,” tandasnya. [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar