Ekbis

Merugi, Mall Surabaya Townsquare Tutup, Karyawan Dirumahkan

Surabaya (beritajatim.com) – Dampak Virus Covid -19 dan pemberlakuan PSBB di Surabaya membuat Surabaya Townsquare (Sutos) menutup sementara pusat mall food an beverage di kawasan Jalan Adityawarman ini.

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh pihak manajemen Surabaya Townsquere tertulis Ketentuan PSBB yang hanya memperbolehkan kegiatan Delivery Service bagi tenant – tenant F&B sebagai mayoritas tenant yang ada di Townsquare Surabaya, serta penghentian aktifitas usaha beberapa tenant retail lainnya, menyebabkan penggunaan ruang usaha menjadi tidak efisien bagi tenant mengingat ruang usaha tidak dapat difungsikan untuk memelihara usahanya secara optimal.

Sejak sebelum PSBB diterapkan secara resmi di wilayah Surabaya Raya, kami telah memperhatikan timbulnya dampak Pandemi Covid-19 terhadap penurunan trafik kunjungan masyarakat ke tenant – tenant secara signifikan.

Penurunan trafik kunjungan tersebut tentunya akan terus berlanjut selama masa PSBB, termasuk karena adanya komunikasi penerapan jam malam oleh Pemerintah kepada masyarakat.

Maka Management Townsquare Surabaya, jauh sebelum penerapan PSBB di wilayah Surabaya Raya telah menunjukan itikad baik kami untuk mendukung dan membantu usaha tenant dengan cara memberikan kelonggaran kepada tenant untuk menunda pembayaran biaya sewanya sebesar 50%, namun ternyata sebagian besar tenant tidak menunjukan respon positif terhadap itikad baik kami tersebut.

Yakni untuk membayar Sewa, Service Charge, dan Utilitas, dan karenanya sebagai entitas bisnis kami tidak mungkin mensubsidi piutang tenant yang lebih besar yang terjadi akibat dari keengganan sebagian besar tenant melakukan pembayaran Sewa, Service Charge, dan Utilitas, serta dalam rangka saling bantu membantu terhadap bisnis kita masing – masing di tengah situasi saat ini.

Disamping pertimbangan – pertimbangan bisnis tersebut diatas, kami tentu saja juga menyadari pentingnya upaya kita bersama sebagai bagian dari masyarakat untuk menunjukan empati terhadap masyarakat Surabaya serta mendukung keberhasilan program pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Salah satu karyawan resto ternama di Sutos membenarkan jika perkamis, 30/4/2020 ini sudah mulai dirumahkan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Menurut Imam, pekerja asal Jombang ini pemberitahuan kepada karyawan dilakukan Rabu (29/4/2020).

“Maaf ya bukannya saya tidak mau kasih konfirmasu imbas PSBB tapi saya bingung jawabnya, kita hari ini sudah dirumahkan karena Sutos memilih tutup jadi, “ungkap Imam Ridwan. [way/ted] 

Apa Reaksi Anda?

Komentar