Ekbis

Menko PMK Cek Ketersediaan Stok Beras Bansos di Gudang Bulog Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi mengunjungi Gudang Bulog di Desa Paron, Kabupaten Kediri. Dirinya mengingatkan kepada Bulog agar tetap menjaga dan memperhatikan kualitas beras bansos yang akan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Menurutnya, seusai arahan dari Presiden Jokowi beras yang diberikan harus memiliki mutu kualitas dan tidak asal-asalan. Beras yang diberikan kualitas medium, layak dikonsumsi bagi masyarakat.

“Sesuai arahan Presiden , beras yang diberikan kepada mereka (penerima bansos) harus yang bermutu. Tidak boleh beras asal asalan. Jangan sampai terkesan bahwa ini beras sisa yang diberikan kepada masyarakat. Jadi kita harus jamin beras yang diberikan adalah kualitas medium artinya sangat wajar dan layak untuk dimakan,” tegas Muhadjir Effendi.

Ia menambahkan beras bansos yang diberikan kepada KPM PKH sebarat 15 kilogram. Beras dibagikan setiap 1 bulan sekali selama 3 bulan. “Itu harus 15 kilogram. Kalau kurang harus dibongkar lagi dipenuhi menjadi 15 kilogram. Sekali pun itu kurangnya sedikit, karena kalau sedikit dikalikan sekian goni, itu jadinya banyak,” pesannya.

Dalam pemeriksaan di Gudang Bulog Kediri, Menko Mujadjir menemukan satu karung beras bansos kurang dari 15 Kg. Dirinya minta agar disendirikan dan dibongkar.

Disamping itu, pihaknya juga menyikapi teknis pendistribusian beras bansos. Dimana tidak diperkenankan beras ditaruh atau ditumpuk disuatu tempat kemudian menyuruh keluarga penerima manfaat untuk datang mengambil .

“Harus tersalurkan betul sampai ke kepada keluarga penerima manfaat, tidak boleh ditumpuk disuatu tempat, kemudian dipanggil disuruh mengambil. Transporter harus memastikan beras ini diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat,” pungkasnya .

Beras bansos yang tersimpan digudang Bulog Kediri merupakan hasil serapan dari petani lokal setempat. Sejauh ini dirinya merasa bersyukur karena proses pembelian langsung ke petani lokal berjalan dengan baik, tanpa kendala.

Dalam kunjungan kerjanya , Muhadjir Effendi didampingi kepala Perum Bulog Kediri Mara Kamim Siregar. Hadir pula sejumlah pejabat Pemkab Kediri mulai dari Kepala Dinsos hingga Sekda Kabupaten Kediri.

Sementara itu stok beras di Gudang Bulog Kediri mencapai 2.200 ton. Sesuai cakupan wilayah Kerja Bulog Kediri, beras didistribusikan ke wilayah Kota /kabupaten Kediri dan Nganjuk, Jawa Timur. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar