Ekbis

Menjaga Peluang Bisnis di Masa Pandemi Melalui Home Industri

Pamekasan (beritajatim.com) – Menjaga Peluang Bisnis Home Industri di Tengah Pandemi, menjadi grand tema Seminar Entrepreneur yang digagas mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, yang tengah menjalani program pengabdian di Desa Bajang, Kecamatan Pakong, Minggu (30/8/2020).

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa yang tergabung di Pos 12 Perkulihan Kerja Nyata (PKN) XXV IAI Al-Khairat Pamekasan, menghadirkan dua pemateri berbeda. Masing-masing Ali Hosnan (Founder Biequeen dan Pembina FKP Pamekasan) dan Ma’rifatur Rahmah (Disperindag Pamekasan).

Kegiatan tersebut juga melibatkan berbagai elemen masyarakat, mulai dari para perangkat desa hingga para pelaku usaha di Desa Bajang. “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan eduksi kepada masyarakat terkait pentingnya membangun sektor ekonomi mandiri melalui bisnis home industri,” kata Panitia Pelaksana, Taufik Hidayat.

“Sebab kami menilai bahwa di Desa Bajang, Pakong, juga sangat potensial untuk mengembangkan sektor home industri. Terlebih saat ini juga didukung dengan keberadaan destinasi wisata seperti Bukit Brukoh, termasuk juga rencana keberadaan Wisata Sawah yang akan segera di launching dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Salah satu panitia Seminar Entrepreneur memberikan cinderamata kepada pemateri di Desa Bajang, Pakong, Minggu (30/8/2020).

Pihaknya berharap Seminar Entrepreneur tersebut nantinya dapat menjadi motivasi bagi seluruh elemen masyarakat, khususnya para pemangku kebijakan di Desa Bajang, agar memiliki komitmen serius untuk meningkatkan sektor home industri.

“Secara prinsip kami hanya mengkaji pada peristiwa 1998 tentang krisis moniter yang melanda bangsa, hal serupa juga terjadi akibat adanya pandemi Covid-19 yang memaksa banyak usaha untuk menurunkan produksi mereka. Sehingga kami berharap masyarakat dapat menjaga stabilitas sektor ekonomi melalui home industri,” harapnya.

Tidak kalah penting pihaknya juga berharap kegiatan tersebut dapat menjadi motivasi dan spirit bagi masyarakat untuk memulai bagi para pemula, tentunya mengembangkan bagi para pelaku usaha yang sudah berkecimpung dalam aspek home industri.

“Harapan terpenting dari kegiatan ini tentunya dapat menjadi motivasi dan spirit bagi masyarakat Desa Bajang, sehingga mereka dapat mempraktikkan beragam materi seminar saat memulai terjun ke lapangan. Apalagi para peserta juga sangat antusias,” pungkasnya. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar