Ekbis

Masuk Zona Merah Virus Corona, Transaksi Pegadaian di Malang Meningkat

Malang(beritajatim.com) – Terjadi peningkatan transaksi di kantor pegadaian cabang Kota Malang. Peningkatan transaksi ini sejak satu bulan terakhir, atau sejak wilayah Malang ditetapkan sebagai zona merah penyebaran virus corona Covid-19 di Jawa Timur.

Sales Head Pegadaian Cabang Malang, Mulyon mengatakan, ada dua jenis produksi di pegedaian Malang. Yakni kredit cepat aman (KCA) dan kredit non KCA. Peningkatan transaksi terjadi pada produk KCA, seperti gadai emas

“Untuk KCA seperti gadai biasa emas mengalami peningkatan 18-20 persen. untuk produk non KCA yang diperuntukkan untuk modal usaha, pengadaan kendaraan bermotor dan yang lainnya justru menurun. Penurunannya sekitar 15 persen,” papar Mulyono, Kamis, (16/4/2020).

Mulyono menyebut sebagian besar yang bertansaksi di pegadaian memang merupakan nasabah lama. Namun, angka penambahan nasabah baru juga meningkat sebanyak 5 persen. Menurutnya, lesunya perekonomian di tengah pandemi corona berdampak langsung dengan nilai transaksi di pegadaian.

“Ada tambahan nasabah yang baru kurang lebih 5 persen. Memang dengan suasana seperti ini ada yang butuh uang untuk modal usaha, tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk keperluan sehari-hari, apalagi kondisinya banyak PHK,” tandas Mulyono.

Pegadaian cabang Malang dalam melakukan jam operasional turut menerapkan anjuran phisycal distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19. Caranya dengan menata tempat duduk pelayanan, menyediakan hand sanitizer, serta mewajibkan semua pegawai dan nasabah menggunakan masker. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar