Ekbis

Masa Pandemi, PT Magnet Solusi Integra Tawarkan Psikotes Online

Surabaya (beritajatim.com) – Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan 6 bulan dan belum jelas kapan akan berakhir membuat semua pihak menghadapi tantangan berat, termasuk dunia usaha. Salah satu tantangan yang paling rumit bagi dunia usaha adalah bagaimana kegiatan penataan, peningkatan kompetensi dan menjaga produktivitas SDM tetap bisa dilakukan di tengah keterbatasan anggaran.

Melihat kebutuhan itu, PT Magnet Solusi Integra sebagai konsultan SDM dan bisnis memilih melakukan berbagai inovasi agar bisa melayani kebutuhan dunia usaha. Salah satunya, drengan menawarkan paket psikotes online dengan harga istimewa.

“Psikotes Online merupakan inovasi dari pelaksanaan tes psikologi klasik yang biasanya menggunakan lembar jawaban dan tumpukan kertas soal dan menghabiskan banyak biaya. Psikotes online yang kami siapkan adalah sebuah platform digital yang mengukur kemampuan intelektual, sikap dan cara kerja, kepribadian serta kepemimpinan,” kata Direktur Utama PT Magnet Solusi Integra I Novianingtyastuti, Kamis (24/9/2020).

Novi menambahkan, setelah pandemi berlangsung selama 6 bulan lebih, dunia usaha sudah harus mengambil sikap. Salah satunya, melakukan adaptasi agar bisa mengubah tantangan menjadi peluang, karena itu penataan SDM yang tepat tidak bisa ditunda.

“Penataan SDM yang tepat dan sesuai kebutuhan hanya bisa dilakukan jika punya alat ukur yang tepat. Agar semua itu tetap bisa dilakukan, psikotes online menjadi solusi. Sekaligus menjadi bagian dari kontribusi Magnet Solusi Integra dalam ikut membantu pencegahan penyebaran Covid-19,” tambah Novi.

Dipaparkan, dalam psikotes online ini ada beberapa fungsi yang diukur, antara lain, kemampuan intelektual berupaya Learning Agility Index serta Tes Intelegensi Kolektif Indonesia (TIKI). Selain itu juga mengukur sikap dan cara kerja lewat Work Behavioural Assesment. “Tes ini juga mengukur fungsi kepemimpinan dan kepribadian lewat Work Personality Assesment,” jelasnya.

Secara keseluruhan, tambah Novi, psikotes online ini akan mengungkap 13 aspek yaitu: Logika berpikir; Daya analisis; Kemampuan numerik; Kemampuan verbal; Orientasi hasil; Fleksibilitas; Sistematika kerja; Motivasi berprestasi; Kerja sama; Keterampilan interpersonal; Kemampuan memimpin; Kemampuan perencanaan; Penyelesaian masalah.

“Karena berbasis teknologi, penyelenggaraan psikotes online ini bisa lebih sepat sekaligus menjamin hasil yang diperoleh peserta ujian dapat diketahui secara langsung setelah selesai mengikuti tes. Keunggulan lainnya, hasil dengan Tes Online dapat dipertanggungjawabkan serta proses pengerjaan hingga penilaian tes online dapat dipantau oleh semua pihak,” papar Ibu dua anak ini.

Keunggulan lainnya, lanjut Novi, menghemat anggaran, peserta tidak direpotkan lagi melingkari lembar jawaban, mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian, dan menciptakan standarisasi hasil ujian/tes secara global.

“Psikotes online juga mewujudkan transparansi, objektivitas, akuntabel, dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme. Data tersimpan dengan lebih rapi dan terstruktur, tersimpan langsung dalam system,” tambah alumnus Fakultas Psikologi Unair yang telah berkarir lebih dari 25 tahun dalam bidang SDM dan manajemen bisnis ini.

Tentang masa promosi, alumnus program Magister Management Universitas Binus Jakarta ini mengatakan, selama bulan Oktober-Desember MSI akan memberikan ‘Special Price’ untuk level staff Rp. 765.000, level supervisor Rp. 900.000 dan level manager: Rp. 1.125.000. [rea/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar