Ekbis

Maret 2020, Penumpang Pesawat di Bandara Trunojoyo Gunakan Terminal Baru

Sumenep (beritajatim.com) – Terminal penumpang di Bandara Trunojoyo Sumenep akan digunakan pada Maret 2020. Terminal baru dengan bangunan dua lantai tersebut secara fisik telah siap untuk digunakan.

“Saat ini terminal penumpang itu masih dalam tahap penyelesaian interior dan ‘mechanical electrical’, kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, Kamis (19/12/2019).

Terminal penumpang tersebut dibangun dalam tiga tahap selama tiga tahun sejak 2018 hingga 2020. Untuk tahap I di tahun 2018 menelan anggaran Rp 25 milyar untuk konstruksi gedung.

Sedangkan tahap II tahun 2019 dengan anggaran Rp 20 milyar untuk pengadaan interior dan sebagian ‘mechanical electrical’. Sementara tahap III tahun 2020 berupa penyempurnaan interior dan ‘mechanical electrical’. Tahap terakhir ini menguras anggaran Rp 10 milyar. “Untuk aktivitas keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat akan dipusatkan di lantai I,” terang Indra.

Sedangkan bangunan lantai II disiapkan untuk lokasi cafe dan ‘food court’. Selain itu juga untuk ‘convention hall’ yang berbayar dengan sistem sewa. “Selama ini kan warga Sumenep kesulitan mencari gedung yang memadai untuk acara pernikahan misalnya. Nah, lantai II terminal penumpang ini bisa dimanfaatkan untuk itu,” terang Indra.

Ia meyakini, keberadaan terminal baru Bandara Trunojoyo tersebut mampu menggeliatkan perekonomian warga Sumenep. “Terminal ini bisa menjadi bangunan termegah di Sumenep yang multi fungsi. Selama ini kan belum ada yang kepikiran menyewakan terminal penumpang untuk hall,” ungkapnya.

Indra menambahkan, untuk beberapa fasilitas di lantai I yang berfungsi sebagai ruang tunggu penumpang masih terus digarap. Ditargetkan akan berfungsi pada Maret 2020. “Pengerjaan tahap ketiga nantinya kami yakin tidak akan mengganggu aktivitas di lantai I. Meski berada dalam satu gedung, tapi terpisah sesuai fungsinya,” tegas Indra. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar