Ekbis

Mahasiswa PKN Terlibat Aktif Tingkatkan Sektor Ekonomi Desa

Pamekasan (beritajatim.com) – Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, yang menjalani program Perkuliahan Kerja Nyata (PKN) di Desa Klompong Barat, Kecamatan Pakong, mengajak masyarakat desa setempat untuk terlibat aktif dalam pengembangan sektor ekonomi desa.

Hal tersebut dilakukan melalui program Workshop Kewirausahaan yang digagas Pos 18 PKN XXV Berbasis Participatory Action Research (PAR) IAI Al-Khairat Pamekasan, di Balai Desa Klompang Barat, Kecamatan Pakong, Rabu (26/8/2020).

Dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Self Management dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha dengan Mengembangkan Kreatifitas Ibu PKK Desa Klompang Barat, Pakong’, dihadiri masyarakat setempat khususnya kaum ibu dengan menghadirkan Dosen Fakultas Ekonomi UNIRA Pamekasan, Ummi Wahyuni.

“Workshop ini sengaja kami gelar sebagai upaya untuk mengajak masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK untuk bersama meningkatkan minat berwirausaha dengan mengbangkan kreatifitas. Tentunya demi mendukung sektor ekonomi Desa Klompang Barat,” kata Kordes Pos 18 PKN IAI Al-Khairat Pamekasan, Ulfatul Muzayyanah.

Dari itu pihaknya berharap kagiatan tersebut nantinya dapat menjadi motivasi bagi masyarakat khususnya kaum ibu, agar ikut serta dan terlibat aktif dalam meningkatkan sektor perekonomian desa. Salah satunya melalui upaya menggali potensi desa melalui aspek wirausaha.

“Tentunya kami berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat, khususnya kaum ibu untuk meningkatkan minat dan mengembangkan kreatifitas melalui sektor usaha mandiri. Sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menilai bahwa Desa Klompang Barat, Pakong, memiliki potensi unggulan dari sektor pertanian yang dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat berdasar hasil observasi dan wawancara yang kami lakukan sejak beberapa hari terakhir.

“Desa Klompang Barat, Pakong, memang memiliki banyak potensi yang berorientasi pada sektor pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Sehingga sangat penting untuk didorong yang nantinya dapat direalisasikan oleh masyarakat, salah satunya melalui bidang wirausaha,” jelasnya.

Seperti diketahui, selama ini Pemkab Pamekasan selalu mendorong seluruh jajaran pemerintah desa (pemdes) agar menggali potensi desa sekaligus menetapkan satu tema tertentu bagi tiap desa melalui program Desa Tematik atau One Village One Produk. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar