Ekbis

Lembaga Ini Siap Kembangkan Potensi Ekonomi Desa di Gresik

Ketua LPM Gresik yang baru Ulul Azmi saat menerima bendera pataka

Gresik (beritajatim.com)- Potensi ekonomi desa di Kabupaten Gresik layak ditingkatkan. Pasalnya, dari 326 desa maupun kelurahan yang tersebar, baru sedikit yang mengembangkan potensi ekonominya. Untuk itu, melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) bisa dijadikan motivator menggerakan ekonomi masyarakat desa.

Ketua LPM Gresik Ulul Azmi mengatakan, tujuan utama berdirinya LPM di Gresik untuk membantu masyarakat di berbagai sektor, baik ekonomi maupun pendidikan.

“Kami melihat potensi desa di Kabupaten Gresik sangat besar. Namun, belum banyak yang dikembangkan secara optimal. Untuk itu, LPM ingin mengabdi pada masyarakat dan bersinergi dengan pemerintah,” katanya, Senin (15/2/2021).

Masih menurut Ulul Azmi, ada 32 pengurus LPM Gresik yang nantinya berada ditengah masyarakat menjadi motivator dan penggerak memberdayakan ekonomi masyarakat.

“Saya mencontohkan di Kecamatan Kebomas. Di tempat tersebut ada ratusan UMKM. Mulai dari home industry serta display produknya luar biasa. Ini merupakan peluang baru satu kecamatan yang bisa dijadikan penggerak ekonomi desa,” paparnya.

Sementara itu, Plt Bupati Gresik M.Qosim menuturkan, dalam masa pandemi Covid-19 kompleksitas permasalahan yang dihadapi masyarakat meningkat, termasuk di Kabupaten Gresik. Untuk itu, sinergitas pemkab dan LPM Gresik sangat penting.

“Saya berharap LPM Gresik dapat membantu pemerintahan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gresik,” tuturnya.

M.Qosim menjelaskan, Gresik memiliki banyak potensi. Tadi dicontohkan di Kecamatan Kebomas yang banyak UMKM bisa lebih dikembangkan. “Dan itu menjadi tugas LPM untuk membantu,” pungkasnya. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar