Iklan Banner Sukun
Ekbis

Lama Mangkrak, Bupati Malang Janji Pasar Baru Sumedang Bisa Ditempati Pedagang Sebulan Lagi

Bupati Malang HM Sanusi

Malang (beritajatim.com) – Bupati Malang, HM Sanusi, menjanjikan para pedagang dapat menempati kembali bangunan Pasar Baru Sumedang di Kota Kepanjen sebulan lagi. Pasar ini sempat mangkrak cukup lama setelah selesai direnovasi lantaran proses penempatan pedagang yang begitu rumit.

“Kami upayakan paling lambat satu bulan untuk bisa dibuka semua dan digunakan pedagang untuk berdagang secepatnya,” ujar Sanusi, Selasa (10/5/2022).

Terdapat 816 pedagang yang bakal menempati kios-kios di Pasar Baru Sumedang. Selama ini, mereka terlantar karena tidak adanya kejelasan soal penempatan.

Sanusi tak menampik molornya penempatan pedagang diPasar Sumedang akibat sejumlah kendala. Meski begitu, Sanusi mengaku telah punya solusi agar persoalan ini dapat segera rampung.

“Ada beberapa kendala. Yakni pembagian luas lahan yang sebagian itu keberatan dikurangi 50 persen. Nanti kami akan rubah Perbupnya dulu,” tegas Sanusi.

Dia juga meminta jajaran organisasi perangkat daerah terkait agar lekas melakukan tindakan meminimalisir timbulnya konflik antar pedagang.

“Harus ditata sebaik mungkin agar rasa keadilan didapat para pedagang,” kata dia.

Karena itu, Sanusi mengatakan perubahan perbup akan melibatkan melibatkan Kepolisian dan Kejaksaan. Diharapkan dengan cara itu tidak timbul masalah hukum.

“Bangunannya milik Pemkab Malang dan aset negara, diserahkan pengelolaannya,” tegas Sanusi.

Lebih lanjut, dia memproyeksikan Pasar Sumedang menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Ibu Kota Kabupaten Malang. Untuk pengelolaannya akan melibatkan swasta dengan skema kerja sama.

“Lantai dua dan lantai tiga akan jadi pusat perbelanjaan, food court dan tempat hiburan. Akan kami kerjasamakan dengan pihak ketiga,” terang Sanusi. (yog/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar