Ekbis

Kodim 0820 Probolinggo Dukung Ketahanan Pangan

Lahan Kosong di Koramil Akan Disulap Jadi Kolam Ikan

Probolinggo (beritajatim.com) – Menjawab program Kementerian Perikanan RI, Kodim 0820 Probolinggo, bersama Komisi IV DPR RI membangun konsep ketahanan pangan melalui restocking benih ikan di Kota/Kabupaten Probolinggo.

Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol. Inf. Imam Wibowo mengatakan, untuk menunjang pelaksanaan program dimaksud, puluhan ribu benih ikan nila, lele dan emas, akan di gelontorkan kesejumlah daerah di Probolinggo. Termasuk lahan kosong di koramil-koramil, nantinya bakal disulap menjadi kolam pembesaran benih ikan.

“Untuk benih ikan yang kita berikan cuma-suma kepada masyarakat pastinya melalui kelompok-kelompok kreatif. Agar pertanggungjawabannya juga jelas. Mulai merawat, melestarikan sampai panen,” katanya, Jumat (14/08/2020) siang.

Keseriusan Imam Wibowo dan Komisi IV DPR RI yang diwakili Hasan Aminuddin ini, terpola dari persoalan krisis ekonomi akibat pandemi covid-19 beberapa bulan terakhir. “Saat ikan sudah bisa dikonsumsi nanti. Masyarakat yang dimiskinkan oleh pandemi corona tidak lagi kesulitan mendapat suplai gizi dari sektor perikanan. Kita juga akan gaungkan kembali kampanye gemar makan ikan,” sambungnya.

Saat ini, ada beberapa komunitas dan kelompok masyarakat kreatif dijadikan klaster binaan untuk proyek pembesaran benih ikan. Diantaranya Ikatan Sarjana NU (ISNU), dan Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan Kebonsari Wetan.

Tugas pokok mereka bersama para Babinsa anggota Kodim 0820 Probolinggo, adalah menjaga, merawat, dan membesarkan sekitar tiga puluh ribu benih ikan bantuan pemerintah. “Kita bersama Komisi IV DPR RI akan terus bersinergi menjalankan program yang disuport kementerian perikanan ini,” tutup Imam Wibowo.

Menanggapi agenda restocking ikan di wilayah Probolinggo, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Probolinggo, Hasyim Asy’ari, menyatakan, kegiatan dimaksud akan lebih bagus saat disinergikan dengan program-program pengentasan kemiskinan pemerintah daerah.

“Kami bisa saling suport nantinya. Pemkab Probolinggo, ini punya program macam-macam diantaranya pembagian bibit pertanian. Bisa saling mendukung,” katanya. “Kita kolaborasikan agar program-program TNI, Komisi IV DPRRI, Kementerian Perikanan dan Pemkab Probolinggo sampai benar-benar mensejahterakan masyarakat,” tutup Hasyim. [eko/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar