Ekbis

Kuota Bansos Rastra Sumenep Besar, Kapasitas Gudang Bulog Mepet

Sumenep (beritajatim.com) – Dari empat kabupaten di Madura, hanya Kabupaten Sumenep yang program bantuan sosial (bansos) berupa beras untuk rakyat sejahtera (rastra) tetap dikucurkan hingga September 2019.

“Untuk daerah-daerah lain, rastra hanya sampai Juni. Tapi itu kewenangan pemerintah pusat, bukan kami. Tugas kami hanya sebagai penyedia rastranya,” kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional Jawa Timur, Muhamad Hasyim.

Hasyim berada di Sumenep pada Selasa (25/6/2019), untuk melakukan pengecekan langsung ke gudang, terkait stok rastra. “Ini tadi saya lihat ketersediaan stoknya sangat mencukupi. Kami dari Bulog memang siap untuk penyediaan rastra. Bahkan sampai Desember sekalipun,” ucapnya.

Kuota bansos rastra di Kabupaten Sumenep sebesar 1200 ton per bulan. Sedangkan kapasitas gudang Bulog di Kalianget hanya 2000 ton. “Itu berarti, ‘space’ penyimpanan beras di gudang Sumenep ini mepet. Begitu beras masuk, harus segera didistribusikan,” papar Hasyim.

Menurutnya, apabila ada penambahan jumlah penerima manfaat rastra di Sumenep, maka harus dicari alternatif gudang lain. “Atau kalau misalnya rastra diperpanjang lagi hingga Desember, maka perlu gudang tambahan. Kalau sekarang saya kira belum. Masih cukuplah,” tandasnya.  [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar