Ekbis

Kreator Lokal di Tokopedia Bantu Lawan Corona

Surabaya (beritajatim.com) – Sejak kesadaran masyarakat terhadap pandemi Covid -19 meningkat, kebutuhan akan produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain di Tokopedia melonjak signifikan. Riset internal Tokopedia menunjukkan produk yang paling banyak dicari antara lain berbagai jenis masker mulut, camilan sehat, hingga cairan antiseptik atau hand sanitizer.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menyatakan, belanja online memang dapat menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai sekaligus mendorong bisnis lokal, contohnya dr soap dan Herborist di Tokopedia, terus beroperasi secara online.

Para kreator lokal produk kesehatan di Tokopedia, seperti dr soap dan Herborist, ternyata berperan aktif melawan Covid-19. Tidak hanya berjuang memutar roda perekonomian digital, mereka juga merasa memiliki tanggung jawab sosial untuk terus meningkatkan produksi demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk kesehatan, terutama di tengah pandemi ini.

dr Soap di Surabaya
Sejak tahun 2015, Eunike Selomith dan Joycellynne Stefanie, dua perempuan bersaudara sekaligus Founder dr soap asal Surabaya ini selalu berupaya mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri.

Menanggapi isu kesehatan Covid-19 yang saat ini terjadi, Eunike melihat penjualan produk dr soap melonjak.
“Cairan pembersih gadget, hand sanitizer atau cairan antiseptik dan pembersih multifungsi termasuk beberapa produk dr soap yang paling banyak dicari masyarakat belakangan ini,” ujar Eunike.

Di sisi lain, dr soap juga berkolaborasi dengan lembaga kemanusiaan dan organisasi perkumpulan dokter, untuk menyalurkan bantuan berupa hand sanitizer kepada sejumlah instansi kesehatan dan masyarakat luas yang membutuhkan.

“Kami terus mengeksplorasi peluang kerja sama dengan berbagai instansi, besar maupun pemula, untuk memudahkan pengadaan produk sanitasi. Harapannya, kami dapat menggencarkan produksi sesuai kebutuhan sehingga dapat membantu masyarakat menjaga kesehatan dan kebersihan di tengah pandemi COVID-19,” tambah Eunike.

Herborist di Semarang
Bermula dari usaha distribusi kosmetik, toiletries dan parfum yang dirintis sejak 1998, CEO PT Victoria Care Indonesia, Billy Hartono Salim melihat kebutuhan masyarakat yang tinggi akan produk kosmetik, toiletries dan parfum. Pada 2001, Billy memutuskan untuk memproduksinya sendiri melalui sejumlah merek, kemudian lewat Herborist pada 2007.

Herborist menghadirkan beberapa rangkaian produk kosmetik dan wewangian dimulai dari perawatan tubuh, seperti lulur, sabun mandi, lotion tubuh, perawatan kulit, produk perlengkapan mandi dan produk terbaru hand sanitizer.

Di tengah pandemi Covid-19, Herborist berinisiatif memulai produksi hand sanitizer dengan harga terjangkau. “Awalnya, membuat cairan antiseptik khusus untuk kebutuhan sanitasi pabrik kami. Melihat perkembangan Covid-19 di Indonesia, kami menggerakkan 2/3 tim produksi untuk fokus membuatnya secara massal demi membantu masyarakat mendapatkan produk kesehatan dengan mudah,” ujar Sumardi.

Herborist juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah, salah satunya Pemprov Jateng, untuk menyalurkan bantuan berupa 5.000 liter hand sanitizer kepada instansi kesehatan, seperti puskesmas. “Harapannya, upaya kami bersama seluruh pihak dapat membantu memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia,” tutup Sumardi. [rea/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar