Ekbis

Kreatif, Pelaku UMKM Kediri Ubah Kaleng Bekas Jadi Celengan Unik

Wiwik Kurnia seorang pelaku usaha UMKM asal Desa Bangsongan, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Wiwik Kurnia seorang pelaku usaha UMKM asal Desa Bangsongan, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri berhasil manfaatkan limbah pabrik jadi barang bernilai jual tinggi.

Pasalnya disaat masa pandemi covid 19 ibu dua anak ini berhasil manfaatkan kaleng bekas dari pabrik, jadi produk yang mempunyai nilai jual tinggi.

Wiwik panggilan akrabnya sehari – hari memproduksi kaleng bekas dari pabrik, untuk dibuatkan celengan target yang unik dan lucu. Tak hanya itu, celengan dari Bu Wiwik ini kemudian viral di media sosial khususnya tiktok. Setelah ramai jadi bahan perbincangan media sosial, Wiwik kemudian kebanjiran pesanan yang terdiri dari berbagai macam kota di Indonesia.

Secara fisik tidak ada perbedaan yang mencolok, celengan dengan bentuk tabung ini kemudian di sisi luar diberi label dan tertulis nominal angka pecahan uang yang dimasukkan kedalam celengan, mulai dari Rp 5000 hingga Rp 50.000.

Setelah memasukkan uang, kemudian yang menabung wajib melakukan pencoretan nominal tersebut agar mengetahui jumlah uang yang telah terkumpul. Selain itu, agar lebih semangat menabung, juga tertulis uang yang telah dimasukkan akan digunakan untuk berbagai keperluan seperti Idul fitri, target biaya menikah, target biaya beli kendaraan serta lain lain.

Menurut Wiwik Kurnia, ia membuat celengan ini karena sebelumnya usaha memproduksi masker dan faceshield permintaan pasarnya mulai menurun drastis sekitar 1 bulan ini.

“Celengan target sekarang lagi ngetrend di aplikasi tik tok, saya awalnya iseng iseng mencoba membuat dan ternyata permintaan pasar lumayan tinggi, kemudian saya fokus produksi saja karena peminat masker dan faceshield mulai menurun drastis,” ucap Wiwik.

Wiwik Kurnia seorang pelaku usaha UMKM asal Desa Bangsongan, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri

Untuk membuat tampilan lebih menarik ia menggratiskan desaign sesuai dengan permintaan konsumen. “Biasanya pemesan kepengen fotonya ditampilkan di celengan atau permintaan paling banyak dengan motif kartun, serta target menabung untuk keperluan apa,” imbuh Wiwik.

Dengan proses pembuatan yang dibilang cukup sederhana, harga yang dipatok untuk 1 buah celengan target hanya Rp 10.000. Jika pembeli memesan dalam jumlah banyak, Wiwik masih memberikan potongan harga dengan nominal beragam mulai Rp 500 hingga Rp 2000 tergantung banyaknya pesanan.

“Kalau permintaannya banyak biasanya dia akan dijual lagi dan saya kasih potongan harga sebagai pengganti biaya transport,” ucapnya.

Dengan harga yang cukup terjangkau tersebut, kini celengan target buatannya sudah banyak dipesan dari berbagai kota di Jawa timur seperti Malang, Sidoarjo dan Surabaya. [nm/ted].



Apa Reaksi Anda?

Komentar