Ekbis

Kopral, Aplikasi Baru Membangkitkan Koperasi Tanah Air

Surabaya (beritajatim.com) – Koperasi saat ini seolah menjadi produk yang mainstream. Produknya pun hanya sebatas simpan dan pinjam. Namun ditangan PT Kopral Indonesia Teknologi (KIT), koperasi bisa menjadi toserba, cafe bahkan tempat menyediakan segala jenis kebutuhan anggotanya.

KIT yang merupakan penyedia layanan IT menawarkan platform khusus untuk semua koperasi di Tanah Air. Dimana anggota koperasi yang sudah menggunakan platform Kopral (Koperasi For All) bisa melakukan pembelian diberbagai merchant yang sudah bekerjasama dengan Kopral dan di aplikasi KIT ini pula anggota koperasi bisa langsung mengatur cicilan mereka secara langsung.

“Jadi nanti proses bayarnya cukup dengan scan barcode untuk merchant yang sudah bekerjasama dengan kami. Dan saat ini kami sudah mengelola 20 ribu user yang notabene adalah anggota koperasi dari perusahaan BUMN maupun swasta,” ungkap Chief Executive Officer (CEO) KIT, Adi Santoso, saat ditemui dikantornya di Komplek Apartemen Puncak Dharmahusada, Senin (24/8/2020).

Uniknya, merchant yang sudah bekerjasama dengan Kopral ternyata tidak harus cafe, atau gerai yang besar melainkan pedagang makanan yang berada di depan kantor koperasi yang sudah bekerjasama pun sudah memiliki barcode Kopral. Dengan begitu pegawai perusahaan yang merupakan anggota koperasi pun bisa membeli makanan di pedagang kaki lima dengan menggunakan scan barcode. Sehingga anggota koperasi tak repot lagi berbelanja dengan uang cash dan mampu meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Lebih uniknya lagi saat membayar pakai scan barcode, di aplikasi Kopral juga nanti anggota koperasi bisa memilih pembayaran dengan cicilan. Bahkan pembayaran Rp 10 ribu pun bisa dicicil,” jelas Adi.

Platform Kopral juga menyedikan berbagai fitur untuk mendukung bisnis koperasi seperti integrasi dengan e-Commerce seperti shopee, Tokopedia, bukalapak, dan lain sebagainya. Disamping itu menyediakan fitur untuk kolaborasi dengan UMKM lewat Paylater.

Lalu apa untungnya oleh perusahaan yang sudah memiliki koperasi dan ribuan anggota?. Platform Kopral menawarkan digitalisasi pencatatan dan pelaporan keuangan koperasi, integrasi dengan e-commerce dan UMKM melalui sistem pembayaran tunda atau paylater yang memudahkan anggota koperasi untuk bisa berbelanja.

“Jadi ini juga memudahkan pengurus koperasi dalam pelaporan keuangan dan pencatatan transaksi dilakukan secara online seperti untuk laporan neraca, saldo kas, laba/rugi, hingga pembagian sisa hasil usaha (SHU). Dan yang lebij menggiurkan, SHU untuk anggota lebih besar, karena setiap transaksi di merchant dianggap sebagai transaksi di koperasi itu sendiri,” beber Gama Wardhana (34), Chief Technology Officer (CTO).

Gama pun menjamin KIT akan menjaga kerahasian data dari setiap koperasi yang menggunakan platform Kopral. Targetnya hingga akhir tahun sudah ada 40 ribu anggota koperasi yang bergabung.

Kopral sendiri sudah dikembangkan sejak 2018 dimana awalnya masih digunakan di beberapa koperasi karyawan perusahaan. Pada 2020, Kopral menjadi platform digital untuk penggunaan yang lebih luas, lebih mudah, lebih efektif sehingga tidak memberatkan koperasi.

“Pada 2020 ini, bertepatan dengan momen ulang tahun RI ke-75 pada 17 Agustus 2020 lalu, kami meluncurkan kembali platform Kopral sebagai sumbangsih kami untuk kemajuan perkoperasian Indonesia. Kopral kini menjadi pionir dari platform koperasi Indonesia yang menciptakan ekosistem baru dengan kolaborasi bersama UMKM, E-Commerce, sesama koperasi, dan bisnis digital lainnya,” tambah Adi Santoso. [rea/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar