Ekbis

Kontes Ikan Guppy Perdana Skala Nasional di Kabupaten Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Agar lebih bisa mengenalkan ke khalayak luas, komunitas Sentra ikan Guppy Kediri (seguri) gelar kontes perdana berskala Nasional. Acara yang diselenggarakan di Pusat Kuliner Simpang Lima Gumul ini, mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perikanan.

Melalui Doa bersama dan Syukuran Tumpeng, Nur hafidz Pelaksana tugas kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri berharap jika kegiatan perdana yang baru di rintis oleh Seguri berjalan lancar. “Secara kelembagaan Pemerintah sangat mendukung kegiatan ini karena untuk memperkenalkan jika Kabupaten Kediri mempunyai Potensi ikan guppy yang tak kalah menarik bentuk dan warnanya dari daerah lain,” Terang Nur hafidz.

Sementara itu Yacob Bastian ketua Panitia contes gruppy kediri mengaku jika kegiatan yang diselenggarakan ini mempunyai banyak tujuan, salah satunya memberdayakan potensi potensi pembudidaya ikan guppy di Kediri untuk bersaing dengan daerah lain, sehingga ikan guppy lebih di kenal masyarakat.

“Potensi ikan guppy dari Kediri sangat luat biasa jika di kelola secara profesional dan maksimal, karena ikan ini mempunyai ciri ciri yang berbeda dari daerah satu dengan daerah lain atau endemi ikan guppy,” kata Yacob.

Selain itu ia juga sangat berterima kasih kepada Dinas perikanan Kabupaten Kediri karena telah mensupport secara maksimal acara contes ikan ini.

“Tanpa Dinas Perikanan, kemungkinan Acara ini tidak bisa semeriah sekarang, karena Dinas selalu melakukan pendampingan dari Awal hingga akhir acara. Bahkan dari target peserta yang kita rencanakan hanya 100 dari beberapa kota di jawa timur, kemarin di registrasi mencapai lebih dari 250 peserta, bahkan peserta dari Batam, Pontianak, Medan dan Sulawesi tak disangka sangka juga ikut berpartisipasi.” ucap Pria yang identik dengan rambut gondrongnya ini.

Disinggung mengenai harga jual ikan guppy, Yacob menyebut harga ikan bervariatif seperti jenis Albino Full Red mulai Rp 150 Ribu perpasang untuk gread biasa dan harga mulai Rp 1.000.000 untuk gread A atau kealitas kontes. “Kalau untuk harga ikan kontes sebenarnya tidak terhitung, tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli, semakin prestasi ikan tersebut sering juara, maka harga semakin naik,” kata Yacob sambil tersenyum.

Dengan Alat budidaya serta Sumber daya Alam yang dimiliki, saat ini ikan guppy asal Kabupaten Kediri sudah melakukan Ekspor ikan guppy ke beberapa negara di Asia seperti Malaysia, Vietnam dan Philipina.

Ikan Guppy atau Gupi adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. Karena mudahnya menyesuaikan diri dan beranak-pinak. Di banyak tempat di Indonesia, ikan yang punya nama ilmiah Poecilia Reticulata ini telah banyak di budidayakan peternak di beberapa Daerah sehingga muncul endemi endemi atau spesies yang identik dengan asal ikan tersebut. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar