Ekbis

Kolaborasi Buat Video Kampung Asik, Kecamatan Asemrowo Gandeng PT SPIL

Surabaya (beritajatim.com) – Walaupun vaksin sudah ditemukan, pemerintah setempat tetap menghimbau masyarakat untuk tetap melakukan protokol Kesehatan. Termasuk Kecamatan Asemrowo Surabaya, yang memiliki penduduk lebih dari 49 ribu orang. Menggandeng PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL), Kecamatan Asemrowo berkolaborasi untuk membuat video Kampung Asik.

Camat Asemrowo, Bambang Udi Ukoro menjelaskan, video Kampung Asik adalah video yang berisikan penjelasan serta contoh standar Kampung Tangguh Semeru Wani Jogo Suroboyo.

“Diambil dari 4 RW kecamatan Asemrowo, setiap RW mewakili satu kategori Satgas Wani untuk turut memberikan contoh. Kategori Kampung Satgas Wani antara lain, Kampung Satgas Wani Jogo, Kampung Satgas Wani Sejahtera, Kampung Satgas Wani Sehat, dan Kampung Satgas Wani Ngandani,” kata Bambang.

4 RW tersebut dipilih dari lomba Kampung Asik yang berlangsung beberapa bulan yang lalu. Lomba diikuti oleh 17 RW dari Kecamatan Asemrowo. Dalam lomba tersebut, dipilihlah kampung terbaik yang dianggap sesuai untuk memberikan contoh Satgas Wani.

Adanya pembuatan video ini mendapatkan dukungan penuh dari beberapa pihak, seperti, Perwakilan Kapolsek Asemrowo, Danramil 0830, Puskesmas Asemrowo, dan Surabaya Digital City (SDC), dan PT SPIL turut andil di dalamnya.

“Selain mendukung pemutusan penyebaran rantai covid, tujuan kami membantu pembuatan video ini untuk mengedukasi kampung lain yang berada di Kecamatan Asemrowo, agar dapat terinspirasi dan meniru kampung di video tersebut,” ujar Danny Setiawan, Head of Corporate Communication PT SPIL.

Sebelumnya, PT SPIL juga turut membantu pembuatan video Gemar Wedang Rempah. Video yang telah dibagikan ke masyarakat Asemrowo sebagai panduan untuk membuat wedang rempah dan mengkonsumsinya agar imunitas tubuh meningkat. Hingga kini, warga sekitar masih aktif memproduksi wedang rempah.

Adanya PPKM skala Mikro yang kini diterapkan di tingkat kelurahan, secara langsung berkaitan pula dengan pengimplementasian dari Video Kampung Asik ini. Di Video tersebut juga diberikan contoh pula terkait pencegahan, penaganan, pembinaan dan dukungan untuk penanganan Covid-19. Adanya protokol kesehatan terbaru yakni Gerakan 5M Covid juga telah dicontohkan dalam video yang berdurasi sekitar 22 menit tersebut.

Video Kampung Asik ini telah tersebar keseluruh penduduk yang ada di Kecamatan Asemrowo. Baik melalui sosialisasi offline, maupun via WhatsApp group. Selain itu juga dapat diakses di Youtube Channel, dengan nama akun Kecamatan Asemrowo.[rea/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar