Ekbis

KKI Apresiasi Upaya Gojek Putus Penularan COVID-19

foto/ilustrasi

KOMUNITAS Konsumen Indonesia (KKI) menyambut baik upaya operator transportasi online Gojek dalam pencegahan penularan COVID-19. Melalui beragam layanan dan fitur yang Gojek lakukan diharapkan dapat memberikan kesadaran khususnya untuk pengemudi dan konsumen.

“Dengan kondisi pandemi COVID-19 tentunya pemerintah sudah membuat beragam peraturan termasuk aturan terkait transportasi online, dalam hal ini kami menyambut baik Gojek sebagai aplikator sudah maksimal penerapannya,” ujar Ketua Komunitas Konsumen Indonesia David Tobing, saat dihubungi media.

Adapun beberapa upaya Gojek yang telah dilakukan dalam pencegahan penularan COVID-19 antara lain, pertama ketersediaan Posko Aman Bersama Gojek yang hasilnya dapat dipantau di aplikasi pengguna.

Kedua, membekali mitra dengan masker dan handsanitizer. Ketiga, penerapan standar operasional prosedur (SOP) ketat terkat pembatasan maksimal dua penumpang untuk transportasi Gocar dan mewajibkan penumpang memakai masker.
Keempat, adanya fitur baru physical distancing atau jaga jarak. Kelima, penumpang bisa cek suhu tubuh driver dan kebersihan kendaraan dri aplikasi saat memesan GoFood/GoSend/Goride.

David berharap dengan adanya aturan protokol kesehatan dan fitur yang sudah ditentukan Gojek, baik dari pihak pengemudi dan konsumen dapat mematuhinya dengan baik.

“Karena pada intinya berbagai upaya yang dilakukan yakni untuk menjaga semua pihak agar tidak tertular virus COVID-19. Saya juga berpesan masyarakat tidak anggap remeh penularan virus ini, lebih baik tetap waspada daripada akhirnya tertular karena kelalaian kita sendiri,” tutup David.

Fitur Status Suhu
Selain itu, Gojek juga telah menghadirkan inovasi fitur baru mengenai informasi status suhu tubuh mitra driver dan kebersihan kendaraan. Hal ini untuk terus memastikan keamanan konsumen serta mitra driver di tengah pandemi COVID-19.

Sejak pekan lalu, jutaan pengguna Gojek dapat melihat fitur ini saat memesan layanan Gojek melalui aplikasi GoRide, GoCar dan GoFood. Gojek bahkan menjadi perusahaan dengan layanan on-demand pertama di Indonesia yang meluncurkan fitur ini guna memperkuat keamanan di ekosistemnya agar dapat terus diandalkan masyarakat.

Menurut Chief Operations Officer Gojek Hans Patuwo baru-baru ini, kepercayaan masyarakat terhadap layanan Gojek merupakan tanggung jawab yang senantiasa dijaga dengan baik. Oleh karena itu pihaknya berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai inovasi dan inisiatif yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat, baik sebelum maupun selama pandemi COVID-19 ini.

“Tim operasional dan engineering kami bekerja keras menghadirkan inovasi-inovasi yang dibutuhkan masyarakat maupun mitra driver. Terbaru, saat memesan layanan Gojek, pengguna akan mengetahui status pengecekan suhu tubuh mitra driver dan status desinfeksi kendaraan,” kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu(17/5/2020). (*/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar