Ekbis

Kerja dari Rumah, Warga Malang Kelola Limbah Triplek Jadi Rupiah

Malang (beritajatim.com) – Di tengah wabah penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 saat ini, warga Desa Klepu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, mencoba penghasilan dengan mengelola limbah triplek menjadi rupiah yang cukup menggiurkan.

“Tujuan kami selain memanfaatkan waktu dengan bekerja dari rumah, kami juga mencoba untuk menciptakan lapangan kerja baru. Selain itu untuk memberi kesempatan kepada remaja masjid An-Nur di Desa Klepu ini,” ungkap H.Abdur Rahman, Pengelola Home Industri Limbah Triplek, Senin (20/4/2020).

Menurut Abah Dur sapaan akrabnya, pria yang juga mantan anggota DPRD Kabupaten Malang ini membeberkan, limbah pembuatan bahan baku triplek ini ia beli dari salah satu pabrik triplek di Desa Tawang Rejeni dan Bululawang.

Kemudian oleh pengrajin dipotong. Lalu disetor ke Jombang dan Kediri. “Hasilnya lumayan, apalagi dalam kondisi Covid-19 seperti saat ini, satu orang bisa berpenghasilan Rp 39 ribu,” papar Abah Dur.

Abah Dur menjelaskan, jumlah keseluruhan pengrajin limbah triplek sebanyak 30 KK, dengan sistem kerja borongan.

“Penghasilannya tidak seberapa, tetapi manfaatnya sangat luar biasa. Dalam kondisi seperti saat ini mereka bisa bekerja dirumah. Memperoleh penghasilan dan tetap menjaga jarak serta kesehatan ditengah wabah corona saat ini,” pungkasnya. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar