Ekbis

Kenalkan Produk Industri Lokal, Forum IKM Magetan Adakan Bazar dan Salurkan Sertifikat Halal

Magetan (beritajatim.com) – Forum Industri Kecil Menengah (IKM) Magetan mengadakan bazar untuk memperkenalkan produk dari industri lokal di Magetan. Selain itu, juga dilakukan pemberian sertifikat halal kepada empat anggota IKM yang produknya telah dinyatakan halal oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

“Memang belum semua anggota dapat (sertifikasi halal.red), semoga kedepan semua anggota IKM Magetan bisa mendapatkan sertifikasi halal,” kata Ketua IKM Magetan, Ahmad Baiquni disela bazar produk IKM di halaman gedung Tripandita, Kabupaten Magetan, Sabtu (24/4/2021).

Menurutnya, sertifikasi halal ini mampu mendongkrak penjualan dan omset industri kecil menengah di Magetan, karena masyarakat yakin dengan produk yang sudah bersetifikat halal tersebut. “Karena sudah terbukti halal, masyarakat tidak akan ragu membeli produk tersebut, sehingga penjualan akan meningkat,” jelasnya.

Kedepan ia bersama Forum IKM Magetan akan mendorong dan membantu pelaku IKM di Magetan untuk mengurus sertifikat halal dan perizinan. “Kita akan bantu untuk mengurus legal usaha pelaku IKM di Magetan, termasuk hak patennnya juga,” jelas Ahmad.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magetan, Hergunadi mengatakan, IKM diharapkan dapat membantu Pemda Magetan untuk mendorong atau membantu membuat mengurus sertifikat halal ataupun perizinan bagi pelaku usaha industri Magetan. “IKM harus bersinergi dengan Pemda, karena di Magetan sendiri banyak pelaku industri usaha yang legalitasnya belum terurus,” papar Hergunadi.

Sekda Magetan ini juga menyarakan untuk memaksimalkan pasar online untuk menembus pasar luar negeri, mengingat banyak oramg Indonesia di luar negeri. Ia berharap anak muda juga harus ikut membuat start up karena dengan begitu bisa berperan lebih untuk membantu pemasaran.

“Banyak orang Indonesia di luar negeri suatu saat dia kangen dengan produk indo kan bisa dipasarkan dengan start up. Pemasaran keluar negeri bisa dilakukan apabila faktor legalitas sudah ada, Tentunya kita harapkan selanjutnya, banyak IKM yang sudah bersetifikat halal dan sertifikat-sertifikat laimnya,” pungkasnya.(asg/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar