Ekbis

Kementan Tertarik Pupuk Dolomit di Gresik

Gresik (beritajatim.com)- Kementrian Pertanian (Kementan) tertarik dengan pupuk dolomit yang diproduksi PT Polowijo Gosari di Gresik, Jawa Timur. Sebagai bentuk keseriusannya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo datang langsung ke produksi pupuk dolomit.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu menuturkan, Polowijo Gosari salah satu industri beresonansi terkait dengan masalah pertanian, dan pengapuran yang sudah lama dilakukan.

“Saya ingin melihatnya seperti apa kesiapan kita terkait dengan penggunaan pupuk dolomit di sektor pertanian,” ujarnya kepada wartawan saat berkunjung ke PT Polowijo Gosari Gresik, Rabu (12/02/2020).

Lebih lanjut Syahrul Yasin Limpo menuturkan, di Indonesia keberadaan tanah gambut besar sekali terutama di Pulau Kalimantan. Sebab, disana lahan perkebunan banyak sekali membutuhkan intervensi. Mulai dari kelembaban air yang terlalu tinggi, tingkat keasaman, dan lain-lain harus dinetralisir.

“Saya juga lagi lihat apa mungkin intervensi dilakukan. Ke Polowijo Gosari Gresik juga untuk meninjau, dan harus diyakinkan serta pembicaraan secara teknis dengan melibatkan litbang nantinya seperti apa. Tetapi, bagi Jawa Timur industri ini adalah kekuatan. Masak kita pakai produk lain. Sementara di Polowijo ada,” tuturnya.

Masih menurut Syahrul Yasin Limpo, setelah peninjauan ini akan ada pembicaraan yang lebih detail dengan pendekatan lintas sektoral.

“Intervensi konkrit dari Kementan kalau memang secara teknis dibutuhkan. Maka produktivitasnya harus ditingkatkan dan kami serius sekali,” ungkapnya. (dny/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar