Ekbis

Kemarau Panjang, Perum Bulog Pastikan Stok Beras Aman

Jombang (beritajatim.com) – Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas menghadiri acara panen raya padi di Desa Bongkot, Kecamatan Peterongan, Jombang, Kamis (8/8/2019). Pada kesempatan tersebut Buwas memastikan stok beras aman hingga enam bulan kedepan.

Stok tersebut sekaligus untuk persiapan selama kemarau panjang. Karena berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klematologi dan Geofisika (BMKG), kemarau akan berlangsung sepanjang tahun ini.

“Stok beras aman hingga akhir tahun. Kebutuhan beras untuk program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) juga aman dan mampu terpenuhi hingga akhir tahun. Saat ini kami memiliki stok beras sebanyak 2,5 juta ton. Sedangkan kebutuhan program bantuan sosial BPNT sampai akhir tahun hanya 1,8 juta ton,” ujarnya merinci.

Kenapa pemerintah masih impor?Buwaa mengakui sejauh ini pemerintah tetap melakukan impor beras sebagai cadangan untuk memenuhi kebutuhan pangan di beberapa wilayah di luar Pulau Jawa. Sementara untuk program BPNT, pihaknya memastikan tetap menggunakan stok beras Bulog.

Beras impor itu, lanjutnya, didatangkan dari Pakistan. “Beras impor tersebut digunakan untuk cadangan kebutuhan di luar Pulau Jawa, semisal Kalimantan, Maluku dan Padang,” pungkas mantan Kepala BNN (Badan Narkotika Nasional) ini. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar