Ekbis

Kebun Teh Wonosari Lawang Hasilkan 800 Ton Teh Siap Ekspor

Malang (beritajatim.com) – Kebuh Teh Wonosari di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, berhasil naikkan hasil panen teh hingga mencapai 800 ton. Teh dari kebun seluas 550 hektar itu, nantinya akan di ekspor ke luar negeri seperti China, Jepang, Belanda dan sejumlah negara-negara Eropa lainnya.

Manager Kebun Teh Wonosari, Nelson Limbong, Kamis (25/4/2019) siang pada beritajatim.com menjelaskan, ada kenaikan hasil panen teh sebesar 15 persen lebih. Untuk tahun ini hasil panen teh mencapai 800 ton. Ada kenaikan dibanding tahun 2018 lalu, ungkap Nelson.

Menurutnya, pada tahun 2018 Kebun Teh Wonosari menghasilkan 650 ton daun teh. Soal iklim yang tidak menentu, Nelson mengatakan ikut mempengaruhi hasil produksi.

Hambatan tetap ada, namun bisa kita atasi semaksimal mungkin. Apalagi untuk memprediksi cuaca atau iklim kan juga susah. Namun untuk tahun ini ada peningkatan signifikan produksi teh, paparnya.

Masih kata Nelson, dari 800 ton teh tersebut, sekitar 2 hingga 3 persennya dibuat produk teh dalam negeri buatan Kebuh Teh Wonosari dengan brand Teh Rollas.

Produk teh rollas kita ambilkan sekitar 2 sampai 3 persen dari 800 ton itu. Sisanya kami ekspor. Untuk harga jual kualitas ekspor teh Wonosari sebesar Rp 29 ribu per kiligramnya, Nelson mengakhiri. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar