Ekbis

Kawan Lama Retail Optimistis Bandara Kediri Kerek Ekonomi

Kediri (beritajatim.com) – Rencana pembangunan Bandara di Kediri direspon positif oleh berbagai pihak. Salah satunya Kawan Lama Retail membuka usaha di sektor perlengkapan rumah tangga, Ace Hardware dan pusat furnitur, Informa Cabang Kediri Mall. Bagian perusahaan Kawan Lama Group ini optimistis kehadiran Bandara akan menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Keberadaan Bandara Internasional di Kediri ini, peluang positif bagi pengusaha yang asal Kediri maupun sedang ekspansi di Kota Kediri dan sekitarnya,” kata Area Manager Jatim PT ACE Hardware Indonesia, Tjia Henryson, dalam acara Media Gathering bersama media massa di XO Restaurant Kediri, Senin (18/11/2019).

Sebelum membuka cabang di Kota Kediri, kata Tjia Henryson, perusahaan tersebut sempat pesimis dengan perkembangan ekonomi di wilayah ini. Namun, setelah melakukan survei pasar, maka pihaknya mengerti seperti apa pola belanja orang Kota Kediri. “Setelah sekitar satu tahunan ini, kami paham kalau orang Kota Kediri dan sekitarnya sangat memahami perkembangan produk perlengkapan rumah tangga,” katanya.

Tjia menyebutkan, untuk di Gerai Ace Hardware Kediri Mall sesuai data yang ada, sebanyak 80 persen merupakan konsumen asal Kota maupun Kabupaten Kediri. Kemudian, 10 persen lainnya warga asal Tulungagung, dan komposisi lainnya adalah konsumen asal Kabupaten Nganjuk.

“Data ini kami peroleh berdasarkan rekap dari petugas pengiriman barang, dan memang mayoritas konsumen asal Kediri. Ke depan, dengan dioperasionalkannya Bandara Kediri, kami yakin jumlah konsumen yang datang ke gerai ini makin banyak dan asal daerah mereka juga beragam,” katanya.

Terpisah, Perwakilan Informa Kediri Mall, Melati menyatakan, pihaknya juga menanggapi positif dibangunnya Bandara Kediri. Ke depan, diharapkan pembangunan infrastruktur tersebut bisa memangkas lama waktu pengiriman barang. Misalnya, produk yang dikirim dari Jakarta bisa diterima lebih cepat oleh gerainya di Kediri, sehingga berdampak baik pupa bagi konsumen di Kediri.

“Kalau sekarang, kita bisa melihat, dengan adanya sejumlah jalur Tol dari Surabaya ke Kediri, kini perjalanan keduanya bisa ditempuh sekitar dua jam an. Lain halnya sebelum ada Tol Surabaya-Kediri, maka perjalanannya bisa lebih lama,” katanya.

Terkait dengan tren furniture tahun 2020, menurut Melati bahwa konsep produk dengan warna hangat, seperti warna Gold bakal menjadi favorit masyarakat. Hal ini juga seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan tersebut, yang fokus pada layanan dan gaya hidup konsumen. Upaya ini juga ditambah dengan penyediaan aplikasi berbasis digital, yang memudahkan konsumen untuk memantau kapan barangnya dikirim, sudah sampai mana, dan dikirim dalam waktu berapa lama.

“Ini seperti aplikasi bisnis online, jadi cukup memantau dari HP saja, konsumen bisa lihat barangnya on delivery,” katanya.

Saat ini total gerai Ace Hardware di Indonesia ada 188 toko, dengan 20 toko di antaranya berada di Jawa Timur. Lalu, cabang Informa secara nasional telah mencapai 90 toko, dengan 12 toko di antaranya di Jawa Timur, dan ditargetkan pada tahun 2020 jumlahnya bertambah menjadi 100 toko di penjuru Tanah Air. [nng/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar