Ekbis

Kadin Kabupaten Kediri Dorong Produk UKM Masuk Pasar Luar Negeri

Kediri (beritajatim.com) – Persaingan usaha di era revolusi industri 4.0 tidak hanya berlaku pada industri besar, tetapi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga ditantang untuk siap. Oleh sebab itu itu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kediri mendorong produk UKM Kabupaten Kediri bisa masuk ke pasar luar negeri.

“Yang menjadi prioritas program kami ke depan, akan memperkenalkan produk UKM ke negara-negara lain,” kata Rahmadi Yogi, Ketua Kadin Kabupaten Kediri.

Rahmadi Yogi terpilih kembali sebagai Ketua Kadin periode 2019 – 2024. Seluruh peserta memilihnya dalam Musyawarah Cabang (Muscab) Kadin Kabupaten Kediri. Pada pereode kedua ini, Yogi berkomitmen untuk memfasilitasi pelaku UKM go Internasional.

“Kami bekerjasama dengan Provinsi Jawa Timur. Kami diminta untuk mengumpulkan 50 produk UMKM di Kabupaten Kediri. Nantinya, produk tersebut akan kita pilah dan kita perkenalkan ke pasar luar negeri,” imbuh pengusaha muda ini.

Untuk diketahui, kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi perekonomian Nasional pada Produk Domestik Bruto (PDB) dalam 5 tahun terakhir berada di kisaran 50 persen setiap tahun. Dengan kekuatan UMKM itu, pada 1998 dan 2008, UMKM terbukti cukup kokoh menghadapi terjangan krisis.Untuk itulah, Kadin Kabupaten Kediri terus didorong dan memperhatikan pelaku UMKM.

Sementara itu, untuk bisa menembus pasar ekspor luar negeri maka pelaku UMKM harus mampu meningkatkan kualitas produksinya, manajemen hingga marketnya seperti pemasaran melalui online termasuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) nya.

Yogi berterima kasih kepada seluruh anggota Kadin Kabupaten Kediri yang masih mempercayainya untuk menahkodai organisasi pengusaha yang bergerak di bidang ekonomi ini, Dijelaskan olehnya, selama ini Kadin Kabupaten Kediri selalu bersinergi dengan pemerintah. Sebagai mitra pemerintah di bidang ekonomi, imbuhnya, Kadin mendukung program Bupati Kediri.

“Kami akan terus bekerja dan berinovasi. Kemarin kami mendengar pidato pak Presiden Jokowi, bahwa Kadin melalui HIPMI dan juga organisasi ekonomi lainnya menggerakkan UMKM, agar kita bisa membantu untuk meningkatkan perekonomian yang ada di negara kita ini, khususnya di Kabupaten Kediri,” tandasnya. [nng/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar