Iklan Banner Sukun
Ekbis

Jokowi Berharap Pabrik Smelter Gresik Jadi yang Terbesar di Dunia

Gresik (beritajatim.com) – Keberadaan pabrik smelter PT Freeport Indonesia di kawasan Java Integreted Induatrial Port and Estate (JIIPE) Manyar, Gresik ditarget menjadi terbesar di dunia. Pasalnya, pabrik yang dikelola PT Freeport Indonesia itu mampu memproduksi 1,7 juta ton per tahun.

“Saya berharap smelter yang dibangun di Gresik ini menjadi yang terbesar di dunia,” ujar Presiden Jokowi saat sambutan groudbreaking, Selasa (12/10/2021).

Masih menurut Jokowi, nantinya smelter dapat mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga dan 480 ribu logam tembaga.

“Bayangkan 1,7 juta ton. Kalau dinaikkan truk, yang kecil itu, biasanya bisa angkut 3-4 ton. Jadi berapa truk yang akan berjejer di sini. Kalau tiga ton satu truk kecil, berarti ada 600 ribu truk berjejer di sini. Ini besar sekali,” paparnya.

Smelter sendiri dibangun di lahan seluas 103 hektare dengan nilai investasi USD 3 miliar atau Rp 42 triliun.

Dalam kunjungannya di kawasan JIIPE tersebut, Presiden Jokowi juga didampingi sejumlah menteri. Di antaranya Menteri BUMN, Menko Perekonomian, Menteri ESDM, hingga Menteri Perindustrian. Hadir juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, hingga Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar