Ekbis

Job Fair di Malang Diserbu Para Pencari Kerja

Even Job Fair yang diselenggarakan oleh Job for Career Indonesia diserbu oleh para pencari kerja.

Malang (beritajatim.com) – Even Job Fair yang diselenggarakan oleh Job for Career Indonesia diserbu oleh para pencari kerja di Aula Skodam Brawijaya Malang. Even lowongan kerja ini digelar sejak 13 hingga 14 Januari 2020 untuk mengurangi angka pengangguran.

Dalam kegiatan ini, perusahaan yang sedang mencari pekerja bisa berinteraksi langsung dengan para pencari kerja. Mayoritas mereka adalah sarjana yang baru lulus dari belajar di perguruan tinggi.

“Saya baru lulus sebulan yang lalu, sudah kirim beberapa lamaran ke perusahaan, tapi belum ada panggilan satupun. Mencari pekerjaan itu ternyata susah,” kata salah satu pencari kerja Galuh.

Mahasiswa lulusan Universitas Brawijaya Malang itu mengatakan, even job fair seperti ini sangat dinantikan bagi sarjana yang baru lulus kuliah. Mereka bisa menimbang dan mengukur perusahaan mana yang membutuhkan jasa mereka sebelum mengirim lamaran ke perusahaan itu.

Selain sarjana-sarjana lulusan kampus di Malang, even job fair ini juga diikuti oleh lulusan kampus luar Malang. Salah satunya, Kartika Putri yang merupakan lulusan Universitas Negeri Surabaya. Dikatakannya, even job fair banyak memberikan informasi secara langsung ketimbang melihat informasi di internet.

Untuk itu, dia menyempatkam diri untuk mencoba mencari peruntungan di perusahan-perusahaan yang turut serta pada even ini. Kartika mengaku senang, sebab dia bisa melakukan komunikasi interaktif dengan perusahaan yang ada.

“Bisa langsung tanya, kalau di internet biasanya kurang jelas atau meragukan. Tapi memang sulit cari kerja, yang sesuai dengan passion di bidang komunikasi. Kadang perusahaan sudah memberi list lowongan. Tetapi kalau tidak sesuai dengan passion kita, ya tidak melamar,” papar Kartika.

Sementara itu, Panitia Penyelenggara even Job Fair Ricky Januar mengungkapkan sedikitnya ada 800 lowongan berbagai bidang dari 30 perusahaan yang turut serta. Di Kota Malang, respon para pencari kerja dalam event ini dinilai cukup bagus.

“Hari pertama digelar, sudah ratusan warga yang datang. Di Malang ini responnya bagus, karena disini banyak pelajar dan mahasiswa baru lulus yang ingin bekerja. Syaratnya pelamar hanya perlu membawa surat lamaran, daftar riwayat hidup, foto copy KTP, dan ijazah. Jika ada dokumen pendukung seperti sertifikat juga bisa disertakan,” tandasnya. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar