Ekbis

Jember Resmi Jadi Smart Coca City

Jember (beritajatim.com) – Bupati Faida meresmikan Kabupaten Jember, Jawa Timur, sebaga Smart Coca City, di halaman kantor Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, di Jalan PB. Sudirman, Selasa (30/7/2019). Coca adalah akronim dari coffee and cocoa atau kopi dan cokelat.

Faida mengatakan, Pemerintah Kabupaten Jember siap memfasilitasi anak-anak muda yang memulai bisnis berbasis kopi dan coklat. “Ia ingin kopi dan cokelat dapat bermanfaat untuk ekonomi kerakyatan.

Pemkab akan melibatkan Puslitkoka dalam menyiapkan seribu rombong untuk usaha cokelat menjadi satu ‘branding’ berjaringan ala Jember.

Pemkab akan berusaha membuat regulasi untuk mengamankan produk-produk hulu dan hilir berbasis kopi dan kakao dalam peraturan daerah dan peraturan bupati. Pemkab juga akan memfasilitasi industri kecil menengah di Jember.

“Pemerintah Kabupaten Jember siap membantu anggaran khusus dialokasikan untuk pengembangan industri perdagangan dan jasa yang berbasis kopi dan kakao di Jember,” kata Faida, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Pemkab Jember. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar