Ekbis

Jelang Ramadhan di Kota Malang, Harga Cabai Turun, Daging Ayam Meroket

Penjual ayam potong di Pasar Klojen, Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Kenaikan sejumlah harga jelang Ramadhan terjadi di Kota Malang. Harga cabai yang sempat meroket hingga Rp120 ribu per kilogram kini mulai turun menjadi Rp65 ribu. Harganya turun dari sebelumnya tetapi belum normal.

“Harga cabe per kilogramnya sudah mulai turun. Kini sudah kisaran Rp60 sampai Rp65 ribu. Karena saat ini kan petani cabai sudah mulai panen,” kata Kepala Seksi Pengendalian dan Pengawasan Diskopindag Kota Malang, Luh Putu Eka Wilantari, Jumat, (9/4/2021).

Luh Putu Eka mengatakan disaat harga cabai turun. Harga ayam potong mulai naik. Dari harga normal yang berada di kisaran Rp30 ribu kini naik menjadi Rp40 ribu. Penyebab kenaikan harga daging ayam akibat stok yang mulai berkurang, sehingga kesulitan memenuhi permintaan pembeli.

“Sekarang ini mulai ada kenaikan harga daging ayam. Mungkin karena permintaannya banyak, lalu pasokan mulai berkurang. Sehingga, peternak panen muda. Istilahnya, ayam belum waktunya dipotong langsung dipotong,” ujar Luh Putu.

Diskopindag Kota Malang akan melakukan pemantauan dalam beberapa waktu ke depan menyusul peningkatan harga daging ayam. Dia mengungkapkan, jika kenaikan terus tak terkendali dia akan mengadakan operasi pasar murah.

“Melalui operasi pasar murah, Diskopindag Kota Malang akan datang langsung ke peternak ayam. Sehingga peternak nanti menjual di bawah harga pasar. Itu langkah kita kalau ada kenaikan terus. Kita masih mantau,” tandasnya. (Luc/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar