Ekbis

Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok Tak Stabil di Ponorogo

Cabai rawit yang dalam sebulan lalu harganya di atas Rp 100 ribu, dalam tiga hari terakhir turun menjadi Rp 95 ribu per kilogramnya. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Menjelang bulan Ramadan, harga sejumlah bahan pokok di Ponorogo boleh dikatakan belum stabil. Fluktuasi harga terjadi pada sejumlah komoditas, seperti bawang putih, aneka cabai dan daging ayam.

Hal tersebut berdasarkan pantauan beritajatim.com di pasar relokasi pasar legi di lahan eks RSUD. Suprihatin, salah satu pedagang mengungkapkan harga bawah putih, cabai dan daging ayam bisa naik dan turun sewaktu-waktu.

“Harga cabai rawit mulai turun sejak tiga hari yang lalu,” kata Suprihatin, Rabu (24/3/2021).

Harga cabai selama sebulan membumbung tinggi diatas Rp 100 ribu. Bahkan, pernah mencapai harga Rp 130 ribu per kilogram. Namun, dalam tiga hari terakhir harganya sudah turun. Sekarang harga cabai rawit Rp 95 ribu per kilogram.

“Harga saat ini bisa saja terus turun atau bertahan, namun juga bisa naik lagi,” katanya.

Dia mencontohkan jika stoknya banyak, maka harganya bisa turun tetapi kalau sedikit maka akan naik lagi. Sementara untuk komoditas lain, yaitu bawang putih mengalami kenaikan harga. Sebelumnya harganya diangka Rp 18 ribu per kilogram naik menjadi Rp 24 ribu per kilogram. Untuk daging ayam harganya tidak stabil, mulai dari Rp 32 ribu hingga Rp 35 ribu per kilogramnya.

“Ya banyak pembeli yang mengeluh tentang kenaikan harga ini, mereka terpaksa mengurangi jumlah belanjaannya sesuai dengan kemampuan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Perdakum) Ponorogo, Addin Andanawarih mengungkapkan bahwa pihaknya hari Senin (25/3) nanti dapat undangan dari Pemprov Jatim untuk membahas operasi pasar untuk menstabilkan harga. Apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan. Nantinya, operasi pasar akan dilakukan khusus pasar dibawah naungan Dinas Perdakum.

“Kami akan bekerjasama dengan Bulog untuk melakukan operasi pasar nanti,” pungkasnya. [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar