Iklan Banner Sukun
Ekbis

Jelang Puasa Ramadan, Harga Cabai Justru Turun

Salah satu pedagang cabai di Pasar Tradisional Sidoharjo Lamongan.

Lamongan (beritajatim.com) – Menjelang Bulan Ramadan, harga cabai rawit di Kabupaten Lamongan justru menurun. Dari yang awalnya di harga Rp 70 ribu per kilogram, kini harga cabai rawit di Lamongan terpantau di kisaran harga Rp 45 ribu per kilogram atau turun Rp 25 ribu dari pekan sebelumnya.

Tak hanya cabai rawit, harga cabai merah besar di sejumlah pasar di Lamongan juga turun di harga Rp 38 ribu per kilogram dari yang semula Rp 42 ribu. Sedangkan, telur ayam ras pekan ini berada di harga Rp 24 ribu per kilogram atau naik seribu rupiah dari pekan lalu Rp 23 ribu.

“Harga cabai turun mas jika dibandingkan dengan pekan lalu, sekarang harganya sekitar Rp 45 ribu perkilogram untuk cabai rawit dan Rp 38 ribu untuk cabai merah besar,” kata Umu, salah seorang pedagang yang ada di Pasar Sidoharjo Lamongan kepada wartawan, Rabu (16/3/2022).

Sementara, daging sapi juga terpantau stabil di harga Rp 110 perkilogram, serta daging ayam juga tidak menunjukkan adanya lonjakan harga dan tetap stabil, seperti harga daging ayam broiler yang tetap di harga Rp 36 ribu dan daging ayam kampung seharga Rp 90 perkilogram.

“Kalau daging sapi masih stabil di harga Rp 110 per kilogram mas,” kata Novi Dwi, pedagang daging di Pasar Sukomulyo.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disperindag Lamongan, Muhammad Zamroni mengatakan, harga komoditas cabai rawit yang sempat naik tinggi pada pekan lalu lebih disebabkan persoalan hasil produksi petani. Pasalnya, curah hujan yang tinggi juga mempengaruhi produktivitas tanaman.

“Naiknya harga cabai pekan kemarin lebih karena faktor cuaca yang memang berpengaruh pada hasil produksi cabai di tingkat petani,” terang Zamroni.

Untuk saat ini, lanjut Zamroni, harga cabai memang kembali stabil juga karena beberapa sentra cabai yang mengirimkan stok ke Lamongan juga sedang berlangsung panen. Lebih jauh, Zamroni menyebut, pasokan cabai juga cukup atau memadai jelang bulan suci Ramadhan. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar