Ekbis

Jelang Idul Adha, Pasar Hewan di Bangkalan Berjalan Normal Meski PPKM

Salah satu pengunjung saat melihat hewan ternak untuk kurban

Bangkalan (beritajatim.com) – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sudah berjalan 13 hari. Namun, tidak mempengaruhi operasional pasar hewan di Bangkalan, terutama menjelang hari raya Idul Adha.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan pasar Dinas Perdagangan (Disdag) Bangkalan, Sutanto mengatakan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk menutup pasar ditengah PPKM Darurat. “Selama tidak ada keputusan atau kesepakatan dari Muspika, masyarakat dan tokoh setempat, pasar tetap dibuka,” ujarnya, Rabu (14/7/2021).

Ia mengaku masih dibukanya pasar sampai saat ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga dalam kondisi PPKM Darurat pihaknya hanya melakukan upaya pencegahan yang disampaikan pada masing-masing kepala pasar.

“Untuk imbauan sudah ada disetiap pasar dan kami juga meminta agar kepala pasar juga aktif mengingatkan dan menyediakan masker pengunjung untuk menerapkan prokes saat berada di pasar,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron juga melakukan imbauan tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha agar masyarakat tak melakukan pemotongan hewan secara berkerumun. “Jadi pemotongan hewan kurban diserahkan ke masing-masing rumah potong dan pendistribusiannya dilakukan oleh petugas langsung ke penerima,” jelasnya.[sar/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar