Ekbis

Iuran SP-Bun Pabrik Gula Semboro untuk Masker

Jember (beritajatim.com) Uang iuran anggota Serikat Pekerja Perkebunan (SP-Bun) Pabrik Gula Semboro di Kabupaten Jember, Jawa Timur, akhirnya digunakan untuk membeli masker.

Masker ini dibagikan kepada seluruh karyawan pabrik, Senin (13/4/2020) kemarin. “Saat ini momentum yang tepat SP-Bun berbuat untuk seluruh karyawan secara langsung melalui aksi nyata, walaupun hanya dengan membagikan masker kain,” kata Ketua SP-Bun unit PG. Semboro Kari Cahyawati, dalam siaran pers, Selasa (14/4/2020).

Aksi ini menelis anggapan bahwa selama ini serikat perkerja hanya menuntut hak saja tanpa pernah berkontribusi terhadap perusahaan. “Kami akan membuktikan bahwa SP-Bun bisa bersinergi dengan Manajemen untuk memajukan perusahaan, lebih-lebih menyangkut isu kemanusiaan,” kata Kari.

PG Semboro rencananya akan melaksanakan produksi tahun ini sekitar Mei atau Juni mendatang, tergantung kesiapan bahan baku. Seperti biasanya, ketika memasuki musim produksi, PG. Semboro akan memasukkan karyawan musiman. “Jangan khawatir, teman-teman kita karyawan musiman juga akan mendapatkan masker kain semuanya,” kata Kari.

Kari berharap mudah-mudahan covid-19 segera berakhir dan tidak mengganggu jalannya proses produksi di PG. Semboro. Sejumlah upaya untuk mencegah merebaknya virus ini sudah dilakukan dari mulai berkoordinasi via telepon dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, membentuk gugus tugas penanganan covid-19 melalui Surat Keputusan (SK) General Manager.

Pabrik juga menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, bilik semprot disinfektan untuk keluar masuknya karyawan, pemasangan imbauan cara pencegahan covid-19 di beberapa titik lokasi. Selain itu manajemen mengatur jam kerja dengan meniadakan istirahat dan memulangkan karyawan lebih cepat dari jam kerja biasanya. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar