Ekbis

Instruksi Wali Kota Malang OPD Wajib Beli Produk UMKM

Wali Kota Malang Sutiaji saat membuka pameran Karya Kreatif Indonesia.

Malang (beritajatim.com) – Sebagai jurus keluar dari resesi ekonomi Pemerintah Kota Malang memerintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kota Malang. Untuk membeli produk-produk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) melalui Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, keterlibatan UMKM dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018. Untuk itu dia menganjurkan seluruh OPD segera membeli produk UMKM Kota Malang.

“Tidak ada alasan bagi pemerintah tidak beli produk UMKM. Saya menganjurkan agar tiap OPD menggunakan biaya pengadaan untuk membeli produk UMKM. OPD dan dinas terkait pakai dana APBD sekarang boleh pakai biaya pengadaan itu dibolehkan belanja produk UMKM. Maka saya menganjurkan jika ada kebutuhan barang bisa dibelanjakan kepada UMKM,” papar Sutiaji, Jumat, (20/11/2020).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang, Azka Subhan mengapresiasi langkah Pemkot Malang karena mewajibkan OPD di mereka untuk membeli produk UMKM dari biaya pengadaan barang dan jasa pemerintah. Dia mengungkapkan, pada saat krisis moneter pada 1998 dan krisis global pada 2008. UMKM bisa menjadi penyelamat kelesuan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“ASN kan tidak terdampak seperti UMKM. Karena pendapatannya tetap maka kami mendorong untuk membeli produk UMKM. Saat itu UMKM bisa dibilang sebagai katup penyelamat perekonomian. Saat ini ada namanya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp123 miliar itu disalurkan ke UMKM dari pusat melalui pemerintah provinsi dan juga kabupaten atau kota,” tandas Azka. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar