Iklan Banner Sukun
Ekbis

Ini Varietas Durian Unggul Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Sebagai salah satu daerah penghasil durian nusantara, Banyuwangi memiliki berbagai varietas durian unggul. Di antaranya durian merah, Balqis, Banteng, Kepodang, Gandrung, Blambangan, Tawang Alun, durian boneng, mentega, orange, pink, kasur, dan masih banyak lainnya. Semua jenis durian tersebut memiliki keunggulan spesifik yang tidak dimiliki varietas durian di daerah lain.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi, M. Khoiri menjelaskan melalui program Si Tari Dubang, pihaknya melakukan pengembangan durian lokal mulai dari hulu dan hilir.

Seperti identifikasi dan pendaftaran varian durian lokal unggul, perlindungan pohon induk durian unggul, hingga penangkaran dan pembibitan durian lokal unggul.

“Kami juga akan mengembangkan kampung durian selain juga membantu pemasarannya,” jelas Khoiri, Sabtu (19/3/2022).

“Program ini terbukti memberikan solusi peningkatan populasi tanaman durian lokal dari 100.462 pohon pada tahun 2017, menjadi 114.782 pohon pada tahun 2021. Ini tersebar di Kabupaten Banyuwangi,” urainya.

Populasi tanaman durian di kabupaten Banyuwangi sebanyak 114.782 pohon atau setara dengan luas 1.147 hektar, dengan produksi 14.754 ton per tahun. Sentra durian pun tersebar di beberapa kecamatan di Banyuwangi, di antaranya Songgon, Glagah, Licin, Kalipuro, Glenmore dan Kalibaru. [rin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar