Ekbis

Ini Produk Terbaru Enterpreneur Muda Banyuwangi

Sejumlah enterprenuer muda Banyuwangi membuat kawasan kuliner baru di pusat kota, Crab Colony Creative.

Banyuwangi (beritajatim.com) – Sejumlah enterprenuer muda Banyuwangi membuat kawasan kuliner baru di pusat kota, Crab Colony Creative. Tempat ini terletak di Jalan Kepiting Kota Banyuwangi. Terdapat 16 gerai yang dikelola UMKM dan start up yang dijalankan anak-anak muda Banyuwangi.

Produk yang dijual di tiap gerai harus berbeda. Ada snack churros, donat, martabak jepang dan roti bar, maru gabin fla, cilok, burger, serta kopi dan jus, baju anak kecil, dan lainnya.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan Crab Colony Creative Space, bisa menjadi ruang kreatif dan usaha UMKM Banyuwangi.

“Saya sangat excited masuk ke tempat ini. Luar biasa. Tempat ini bagus. Kolaborasi anak-anak mudanya juga bagus. Dengan dibukanya Crab Colony ini bisa menjadi media anak-anak muda Banyuwangi untuk saling mendukung,” ujar Ipuk saat grand opening Crab Colony, Selasa (23/3/2021) .

Ipuk mengatakan tempat ini bisa menjadi media belajar bagi anak muda yang ingin memulai usaha. Bagi mereka yang masih kesulitan ide, menurut Ipuk bisa amati, tiru dan modifikasi.

“Amati teman-teman kalian atau orang yang sukses menjalankan usahanya. Tiru kiat-kiatnya. Dan modifikasi idenya. Tapi dalam membuat usaha, harus berbeda,” tutur Ipuk.

Crab berasal dari Creative, Responsive, Active, Big Thinking. Sementara Colony artinya kumpulan.

“Jadi Crab Colony bermakna kumpulan anak-anak muda yang kreatif, responsif, aktif, dan punya pemikiran besar. Apapun kreativitas anak muda, kami akan berusaha mewadahi di sini,” terang Edy Pramuni, Tim Leader Manager Crab Colony Creative Space.

Sebelum menyewa tempat di sana, para entrepreneur muda tersebut diwajibkan menyetorkan jenis usaha, logo usaha, akun sosial media, dan lain-lain. Kalau ada produk yang tidak kompeten dalam desain logo dan jenis menu, pihak manajemen akan membantu. Sementara khusus untuk produk makanan dan minuman harus ada testfood sebelum masuk ke Crab Colony.

“Di sini ada beberapa UMKM dan start up. Kami keroyokan agar bisa maju bareng, memajukan usaha teman-teman muda Banyuwangi,” tambah Edy yang juga arsitek bangunan tersebut.

Crab Colony secara berkala akan mengundang komunitas kreatif dari segala hobi. Tujuannya untuk membuat Crab Colony menjadi tempat berekspresi bagi anak muda kreatif Banyuwangi.

“Kami sudah jadwalkan event berkala setiap minggunya. Mulai musik, triff, skate competition, pameran karya seni, dan lain – lain,” tambah Edy. (rin/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar