Ekbis

Ini Kabar Terbaru Tol Probolinggo – Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Langkah awal proyek nasional Tol Probolinggo – Banyuwangi (Probowangi) telah mencapai tahap pembebasan lahan. Lembaga Managemen Aset Negara (LMAN) di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan telah menyiapkan dana untuk pembebasan lahan senilai Rp 1,1 triliun.

“Tahun 2018 kita siapkan 100 miliar. Tahun ini anggarannya 1 triliun. Uang itu sudah disiap untuk digunakan,” kata Humas LMAN, Dian Aminta Pratiwi, saat di Banyuwangi, Selasa (22/1/2019).

Pencairan dana itu, kata Dian, dilakukan setelah proses pembebasan lahan berjalan. Peruntukan lahan untuk tol tersebut semua akan dibayar oleh LMAN. “Dana itu terlepas dari pembangunan fisik yang ranahnya menjadi kewenangan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di bawah Kementerian Pekerjaan Umum Penataan Ruang. Sebab LMAN dalam proyek strategis nasional tidak berdiri sendiri. Disamping BPJT ada Badan Pertanahan Nasional atau Agraria dan Tata Ruang (BPN/ATR),” ungkapnya.

Mengenai pembangunan itu, lanjut Dian, masih mengacu pada rencana awal. Tol Probowangi sepanjang 172,90 KM ini akan menghubungkan Probolinggo dan Banyuwangi sisi utara. “Sampai Januari 2019 belum ada informasi pengalihan jalur ke Banyuwangi selatan. Master plan-nya masing tetap, titik pintu tol wilayah Banyuwangi di sisi utara (Ketapang, Kecamatan Kalipuro),” terangnya.

LMAN merupakan lembaga baru yang dibentuk 2015 silam. Fungsinya untuk perbaikan legalitas, fisik dan pendampingan aset negara yang mangkrak. “LMAN memang fokus terhadap pemberdayaan aset pemerintah pusat. Tapi lembaga itu juga siap melakukan pendampingan jika dikehendaki oleh pemerintah daerah. Dan lembaga ini turut terlibat dalam proyek strategis nasional. Salah satunya Tol Probowangi,”

“Karena tol Trans Jawa berakhirnya di Banyuwangi wajar jika masyarakat harus tahu siapa saja yang terlibat dalam pembangunannya. Hari ini warga sudah paham jika urusan pembebasan lahan menjadi domain LMAN,” kata anggota Komisi XI DPR RI Sumail Abdullah.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat, Kementrian Perhubungan Budi Setiyadi saat berkunjung ke Banyuwangi mengatakan proyek Tol Probowangi dalam tahap pembebasan lahan. “Lagi pembebasan lahan,” katanya.

Mengenai trase tol tersebut, Budi menyatakan tidak mengetahuinya. Sebelumnya, ada rencana pwngalihan trase dari utara ke selatan. “Wah, kalau itu saya tidak tahu. Yang jelas akan ditangai oleh Kementrian PUPR,” pungkasnya. (rin/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar