Iklan Banner Sukun
Ekbis

Indah Kurnia: QRIS Bukan Hanya Cashless tapi Juga Touchless

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sosialisasi standarisasi pembayaran digital atau Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) terus digencarkan oleh anggota Komisi Xl DPR RI Indah Kurnia.

Indah Kurnia mengatakan, QRIS ini sangat bermanfaat untuk pelaku usaha atau UMKM. Terutama dalam masa pandemi seperti saat ini. Merchant tidak perlu banyak memasang papan barcode dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran. Tapi cukup memasang QRIS dari Bank Indonesia sudah bisa untuk semuanya.

“Dengan QRIS bukan hanya cashless tapi juga touchless,” katanya saat menjadi Keynote Speaker dalan acara Sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai di Hotel Neo Waru, Rabu (8/9/2021).

Divisi Sistem Pembayaran Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Timur Kuswardhani menuturkan salah satu point penting pada penjelasan ini ada manfaat QRIS.

“Manfaat QRIS bagi Merchant antara lain, transaksi nirsentuh, mengikuti tren sehingga dapat meningkatkan penjualan, transaksi tercatat dan langsung masuk rekening, tidak perlu uang kembalian dan bebas risiko pencurian dan uang palsu, membangun kredit profil dengan mudah, murah dan bebas biaya bagi usaha mikro.

“Sedangkan manfaat QRIS bagi customers antara lain, lebih higienins tanpa kontak fisik, gratis dan kekinian, transaksi cepat dan pengeluaran tercatat, tidak perlu download, sudah ada di aplikasi payment/mobile banking, efisien tanpa uang kembalian dan bebas biaya, serta membantu pelaku UMKM dapat pembiayaan, membantu pemerintah menambah APBD dan Indonesia masuk era digital,” jabar Kuswardhani.

Target pengguna QRIS pada 2021 adalah 12 juta merchant secara nasional. Khusus Provinsi Jawa Timur targetnya adalah 1,5 juta merchant.

Dhani berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan QRIS untuk proses transaksi. Acara seminar yang dilaksanakan oleh Yayasan Passandra bersama Tim Rumah Aspirasi Indah Kurnia tersebut digelar secara hybrid. Yaitu kehadiran fisik dengan peserta adalah kelompok UMKM Balongbendo berjumlah 25 orang. Secara Virtual dihadirkan melalui aplikasi Zoom. [isa/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar