Ekbis

Serap Ilmu Pelatihan dari Pemkab Kediri

Ibu Rumah Tangga Ini Sukses Tekuni Pembuatan Kue Kering

Kediri (beritajatim.com) – Berawal dari mengikuti pelatihan pembuatan makanan sehat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri, seorang ibu rumah tangga di Kecamatan Ngadiluwih kini sukses mengembangkan bakatnya membuat aneka kue kering menjadi penghasilan tetap. Saat ini pesanan paling banyak berupa kue nastar yang identik dengan suguhan lebaran.

Usaha pembuatan kue nastar ini di tekuni Sinar Nawang, warga Desa Rembang Kecamatan Ngadiluwih. Usaha yang telah dirintis selama 1 tahun ini berawal ketika mendapatkan undangan pelatihan makanan sehat yang diselenggarakan okeh Pemerintah Kabupaten Kediri. Setelah mengikuti pelatihan tersebut, kemudian ia mencoba mempraktekkan materinya.

Tak mudah memulai usaha baru yang sebelumnya tak pernah ia tekuni, berkat keuletan serta hobi memasaknya selama kurang lebih 6 bulan,  akhirnya kue buatannya ini dapat diterima oleh pasar. Saat ini pesanan paling banyak jenis kue nastar.

Untuk pembuatan kue nastar, sekali masak dibutuhkan bahan antara lain, tepung terigu 400 gram, tepung maizena 30 gram, margarine, butter, gula pasir putih masing masing125 gram, bubuk susu putih 30 gram, kuning telur 3 butir serta selai makanan untuk isi sebanyak 600 gram. Dari bahan bahan tersebut dapat dihasilkan kurang lebih 3 toples berisi 500 gram kue nastar,

Sebelum ramadhan dulu biasanya sehari hanya membuat kue nastar 1 hingga 2 toples saja. Namun saat ramadhan hingga memasuki lebaran kemarin pesanan meningkat hingga 10 sampai 12 toples setiap harinya. saat ini setelah lebaran. Pesanan kue nastar 6 hingga 8 toples setiap hari.

“Kue nastar ini memiliki keunggulan jika rasanya lebih renyah dibandingkan kue nastar pada umumnya. Isi selai makanan lebih banyak sehingga rasa kue nya lebih terasa,” kata Sinar Nawang, pembuat kue nastar.

Ditambahkan ibu satu anak ini jika untuk pemasaran ia masih mengandalkan media sosial sebagai sarana promosi hasilnya pesanan datang dari beberapa kota di jawa timur seperti Surabaya dan Sidoarjo. Selain itu ia juga menitipkan hasil jadi kue ke sejumlah toko kue di sekitar Kediri. Untuk harga yang ditawarkan setiap toples berisi 500 gram kue nastar dipatok harga Rp 35 ribu. [adv kominfo/nm]

Apa Reaksi Anda?

Komentar