Ekbis

Home Industri Dapat Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pamekasan (beritajatim.com) – Bisnis home industri merupakan hal kecil yang dinilai dapat memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan aspek kesejahteraan masyarakat, sekalipun tengah berada di masa pandemi semisal wabah virus corona.

Hal itu disampaikan Founder Biequeen dan Pembina FKP Pamekasan, Ali Hosnan dalam Seminar Entrepreneur yang digagas mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, yang menjalani program Perkuliahan Kerja Nyata (PKN) XXV di Desa Bajang, Kecamatan Pakong, Minggu (30/8/2020).

“Memang bisnis home industri merupakan usaha kecil yang kadang disepelekan oleh banyak orang, namun demikian terdapat potensi mempuni melalui sektor ini yang dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,” kata Ali Hosnan.

Sektor tersebut juga diyakini dapat menjadi bagian potensial bagi setiap daerah untuk meningkatkan sektor ekonomi masyarakat, termasuk untuk kesejahteraan bangsa. “Jadi bisnis home industri ini merupakan hal kecil dan dapat memberikan kontribusi konkrit bagi negara melalui sektor ekonomi mandiri,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, ia juga meyakini jika ekonomi mandiri yang berkembang di masyarakat tidak akan berpengaruh besar akibat adanya pandemi. Selama hal tersebut di-manage dengan baik. “Jadi kami simpulkan bahwa melalui ekonomi mandiri, maka tidak akan ada lagi Istilah krisis,” tegasnya.

Sementara Ma’rifatur Rahmah berharap berbagai usaha kecil masyarakat dapat segera dilegalkan sesuatu dengan regulasi dan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga nantinya bisa menembus pasar, baik skala lokal, regional maupun nasional.

“Dari itu kami berharap semua usaha home industri segera dilegalkan, sehingga bisnis masyarakat di Desa Bajang, bisa diterima di semua swalayan maupun koperasi,” pungkas perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan.

Seperti diketahui, seminar entrepreneur yang digagas mahasiswa PKN XXV Berbasis Participatory Action Research (PAR) IAI Al-Khairat Pamekasan, mengusung tema ‘Menjaga Peluang Bisnis Home Industri di Tengah Pandemi’, menjadi salah satu momentum sekaligus upaya memotivasi sektor ekonomi kecil masyarakat.

Terlebih di Desa Bajang, Pakong, juga terdapat destinasi wisata yang sangat potensial untuk mendongkrak penghasilan masyarakat setempat, semisal keberadaan wisata Bukit Brukoh hingga rencana destinasi Wisata Sawah yang dijadwalkan segera launching dalam waktu dekat. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar