Iklan Banner Sukun
Ekbis

Hobi, Cara Penting untuk Memulai Bisnis

Pamekasan (beritajatim.com) – Hobi menjadi salah satu cara penting untuk memulai sebuah bisnis, khususnya dalam meningkatkan sektor ekonomi, baik bagi pribadi maupun orang banyak.

Hal tersebut disampaikan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Pamekasan, Qaiyim Asy’ari saat mengisi materi Workshop Kewirausahaan yang digagas mahasiswa peserta PKN IAI Al-Khairat Pamekasan, di Balai Desa Nyalabuh Dhaja, Kecamatan Pamekasan, Sabtu (20/8/2022).

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir sejumlah pelaku home industri, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), para ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta sejumlah tokoh di desa setempat.


Sementara narasumber menghadirkan akademisi hingga praktisi. Di antaranya merupakan Ketua HIPMI Pamekasan, yang notabene tercatat sebagai dosen di lingkungan Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan.

“Dalam memulai usaha dan bisnis, salah satu cara penting yaitu hobi. Hobi bisnis itu harus tertanam dalam sanubari kita, sehingga kita bisa semangat dalam memulai bisnis dan mencari nafkah,” kata Qaiyim Asy’ari.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan macam dalam memulai usaha atau bisnis. “Perlu kita ketahui bersama, setidaknya ada tiga macam jenis pengusaha. Meliputi pengusaha ny nasab, pengusaha by nasib, serta pengusaha by desain,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menjabarkan beberapa aspek pemasaran sesuai lingkup program yang digagas, khususnya di lingkungan HIPMI yang dipimpinnya. “Selama ini kami sudah menyiapkan berbagai jenis fasilitas pemasaran, baik melalui aplikasi online maupun offline,” jelasnya.

“Banyak jenis pemasaran produk di HIPMI Pamekasan, antara lain melalui HIPMI Circle sebuah aplikasi yang bisa menjual produk dalam dunia maya. Sementara untuk yang offline bisa ke Homastas, CCMART dan Wamira Mart,” pungkasnya. [pin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev